Kategori: Leisure

Pemakaian Kondom Bergerigi Bisa Puaskan Pasangan? Ini Faktanya


Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire

Solopos.com, JAKARTA--Selain fungsinya untuk mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit, pemakaian kondom juga untuk menambah sensasi sesi intim bersama pasangan. Karena itu tak sedikit alat kontrasepsi ini dijual dengan beragam variasi warna, rasa, hingga tekstur.

Namun ada pula sebagian pria berpendapat bahwa pemakaian kondom menghilangkan kenikmatan penetrasi. Untuk mematahkan anggapan tersebut, pemakaian  kondom bergerigi pun dianggap sebagai alternatifnya.

Dengan pemakaian kondom yang satu itu, wanita diharapkan bisa merasakan orgasme lebih cepat karena adanya rangsangan tambahan. Benarkah hal ini? Lalu adakah efeknya bagi kesehatan reproduksi wanita? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Baca Juga: Kehadiran Nissa Sabyan dan Ayus ke Rumah Iis Dahlia Tuai Cibiran Warganet

Menurut dokter Arina Heidyana, manfaat kondom bergerigi yang dipercaya mampu meningkatkan potensi orgasme pada wanita itu ada benarnya.

“Tambahan tekstur di permukaan kondom memang bisa membantu wanita yang susah mengalami orgasme. Namun, manfaatnya, ya, hanya sebatas itu. Tidak ada manfaat lainnya dari segi medis. Semua jenis kondom pada dasarnya berfungsi mencegah kehamilan dan menurunkan risiko penyakit menular seksual,” terang Arina sebagaimana mengutip laman Klikdokter.com, Senin (10/5/2021).

“Cara pemakaian kondom bergerigi pun tidak ada bedanya dengan jenis kondom biasa. Jadi, alat kontrasepsi ini dapat digunakan ketika pasangan suami istri ingin merasakan hal yang lebih variatif,” paparnya.

Begitu kompleksnya cara mengejar orgasme yang satu itu, maka pemakaian kondom bergerigi diharapkan bisa menjadi solusi.

Baca Juga: Durasi Hubungan Intim yang Normal Berapa Lama?

Selama penetrasi berlangsung, intensitas gesekan akan meningkat, sehingga peluang orgasme menjadi lebih besar. Tekstur gerigi dari kondom memang akan menstimulasi kontraksi otot dasar panggul wanita. Kendati begitu, Anda tidak perlu khawatir karena alat kontrasepsi yang satu ini sudah terbukti aman.

Berbagai merek kenamaan sudah mengeluarkan tipe kondom ini, jadi Anda tak perlu khawatir karena alat tersebut sudah menggunakan standar internasional.

Meskipun berbintil dan bergerigi, tapi ketika bersentuhan dengan vagina, sensasi yang dirasakan tetap lembut. Bagi kaum pria, hal yang perlu Anda ingat agar pemakaian kondom ini efektif adalah sesuaikan dengan ukuran penis. Pilih ukuran kondom yang paling sesuai agar saat melakukan penetrasi, alat tersebut tidak sobek ataupun renggang dan lepas.

Bila perlu, pilih kondom bergerigi yang memiliki tambahan pelumas dan pH-nya sama dengan vagina normal yaitu 3,8-4,5.

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD