SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LAGOS—Bintang Manchester City dan Pantai Gading, Yaya Toure, kembali terpilih sebagai pemain terbaik Afrika. Penghargaan yang diberikan oleh Konfederasi Sepak bola Afrika (CAF) itu merupakan ketiga kalinya secara beruntun yang diraih oleh Toure.

Penghargaan pemain terbaik Afrika 2013 itu diberikan kepada Toure dalam sebuah acara seremoni di Lagos, Nigeria, Kamis (9/1/2014) waktu setempat. Toure didapuk sebagai pemain terbaik mengalahkan kandidat lainnya, yakni striker Pantai Gading dan Galatasaray, Didier Drogba, serta gelandang Chelsea asal Nigeria, John Obi Mikel.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hat-trick penghargaan pemain terbaik ini membuat Toure mensejajarkan namanya dengan dua bintang Afrika lainnya, yakni Abedi Pele asal Ghana dan Samuel Eto’o dari Kamerun. Abedi Pele meraih gelar tiga kali beruntun pada peride 1991-93, sedangkan, Eto’o pada kurun waktu 2003-05.

Toure mungkin tak memenangi gelar apa pun untuk klub dan negaranya tahun lalu. Namun, adik bek Liverpool, Kala Toure, ini telah menunjukkan kepiawaiannya, baik saat tampil untuk klub maupun negaranya.

Performa bintang juga membuat Toure masuk dalam 23 nomine peraih penghargaan pemain terbaik dunia FIFA.

Saingan terdekat Toure untuk memenangi penghargaan pemain terbaik Afrika adalah Mikel. Gelandang Chelsea itu berjasa mengantarkan Nigeria memenangi trofi Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan serta mengantarkan klubnya meraih gelar Liga Europa.

Berikut Daftar Peraih Penghargaan Pemain Terbaik Afrika dari tahun ke tahun.

2013 Yaya Toure
2012 Yaya Toure
2011 Yaya Toure
2010 Samuel Eto’o
2009 Didier Drogba
2008 Emmanuel Adebayor
2007 Frederic Kanoute
2006 Didier Drogba
Sumber : BBC Sport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya