SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pemain baru di industri properti terutama perumahan makin marak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasar catatan Real Estate Indonesia (REI) Solo, tahun ini pengembang perumahan yang terdaftar di REI mencapai 73 anggota. Tahun lalu, hanya sekitar 50-an anggota.

Ketua REI Solo, Yulianto W Kusumo menyampaikan makin banyaknya pemain di industri properti tak lepas dari perkembangan bisnis ini yang tumbuh signifikan.

“Dan para pemain baru itu, tidak tanggung-tanggung mereka langsung main properti di kelas menengah ke atas,” kata Yulianto, kepada Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Dia mengatakan, para pemain baru itu banyak yang langsung menangani proyek perumahan komersil.  Tidak hanya asal terima pemain baru, REI punya tanggung jawab agar para pemain baru itu benar-benar mampu membangun kota lewat properti.  Menurut Humas REI, Anthony Hendro, REI siap memberikan pendidikan dan pelatihan bagi para pemain baru, terutama mengenai manajemen resiko. REI juga berharap, semakin banyaknya pemain di industri ini tidak lantas memunculkan persaingan yang tidak sehat.

Yulianto melanjutkan, bisnis properti adalah bisnis yang sangat rentan dengan suku bunga. Saat ini, suku bunga perumahan semakin terjangkau. Tren ini semakin mendorong para pelaku properti untuk terus menambah portofolio bisnis mereka dengan membidik atau mengembangkan perumahan di daerah-daerah. Apalagi, di Kota Solo, lahan sudah sangat terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya