SOLOPOS.COM - Salah satu jalur utama Solo saat listrik padam, Selasa (30/9/2014) malam. (JIBI/Solopos/Dok)

Pemadaman listrik saat hujan terjadi secara otomatis.

Solopos.com, SOLO – Ketika hujan turun meski tidak deras, PLN terkadang tetap memadamkan aliran listrik. Ternyata ada beberapa faktor yang mendasari PLN melakukan hal tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dikutip Solopos.com dari akun @Plnsolo123 di Twitter, Kamis (25/2/2016), faktor pertama dan yang paling sering membuat listrik padam saat hujan adalah program otomatis pada gardu listrik.

Jika ada kabel listrik “telanjang” yang terguyur hujan atau terkena pohon basah, relay pengaman secara otomatis mengirim sinyal ke gardu. Selanjutnya gardu akan mematikan aliran listrik secara otomatis.

Faktor kedua adalah listrik dipadamkan secara manual oleh petugas PLN. Menurut akun tersebut, pemadaman manual dilakukan jika ada gardu listrik yang berpotensi terendam banjir.

Penyebab pemadaman listrik yang ketiga adalah faktor eksternal seperti adanya pohon tumbang yang menimpa kabel listrik dan tiang jaringan kabel yang tersambar petir.

“Mengapa listrik padam saat hujan? Mungkin sekitar kamu tidak ada gangguan, tapi jalur jaringan listrik ke tempak kamu ada gangguan,” tulis @Plnsolo123.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya