SOLOPOS.COM - Petugas mengganti jaringan kabel terbuka dengan kabel tertutup di simpang Manahan, Solo, Rabu (5/3). Penggantian tersebut dilakukan agar jaringan listrik lebih aman dan tahan terhadap cuaca buruk. (Dok/JIBI/Solopos)

Mengganti jaringan kabel terbuka

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Sebagian wilayah Kota Semarang mengalami pemadaman lampu karena terjadi gangguan pada Gardu Induk Pedan di Kabupaten Klaten yang biasa memasok listrik di sebagian wilayah Jawa Tengah.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Selama ini memang Gardu Induk Pedan ini menyuplai 350-500 Megawatt, karena ada kerusakan pada IDT otomatis kami kehilangan suplai tersebut,” ujar Pejabat Humas PLN Distribusi Jateng-DIY Supriyono, Selasa (30/9/2014).

Pemadaman terpaksa dilakukan karena pada jam-jam malam biasanya terjadi beban puncak listrik.

“Pada jam-jam segini memang kebutuhan listrik sangat besar, sedangkan suplai listrik jadi berkurang sehingga kami terpaksa melakukan pemadaman di beberapa daerah,” jelasnya.

Supriyono mengatakan, suplai dari GI Pedan tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang seharusnya disuplai dari sejumlah PLTU di antaranya Tambaklorok, Rembang, dan Tanjung Jati.

“Selama ini kan memang ada gangguan di beberapa PLTU tersebut, sehingga kami butuh suplai dari GI Pedan,” jelasnya.

Menurutnya, pihak PLN tengah memperbaiki gangguan pada IDT di GI Pedan. Sebagai dampaknya, selama perbaikan tersebut terpaksa dilakukan rotasi pemadaman.

“Pemadaman bergilir terpaksa kami lakukan selama perbaikan ini. Mengenai kondisi tersebut kami minta maaf sebesar-besarnya kepada para konsumen PLN,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya