SOLOPOS.COM - CACING TANAH—Salah satu anggota Berbah Manunggal Creative I Manunggal Sejahtera menaburkan benih cacing tanah untuk dikembangkan, Sabtu (2/6) (JIBI/Harian Jogja/Tri Wahyu Utami)

CACING TANAH—Salah satu anggota Berbah Manunggal Creative I Manunggal Sejahtera menaburkan benih cacing tanah untuk dikembangkan, Sabtu (2/6) (JIBI/Harian Jogja/Tri Wahyu Utami)

SLEMAN—Sejumlah warga di Jomblang, Tegaltirto, Berbah, Sleman membudidayakan cacing tanah untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Penaburan benih pertama dilakukan akhir pekan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya sebagian warga hanya bertani dan beternak sapi. Karena sapi banyak yang dijual, warga memanfaatkan kandang untuk beternak cacing. Mereka membentuk kelompok Berbah Manunggal Creative (BMC) I Manunggal Sejahtera.

“Daripada kosong, lagipula kami optimis ternak cacing akan membawa keuntungan,” kata Ketua BMC, Djiwal Dhuhri.

Budidaya cacing, selain ramah lingkungan, pembesarannya pun tidak sulit. Pakan cacing dihasilkan dari kotoran sapi dan media cacing dari limbah jamur. “Biayanya sangat kecil,” imbuh Djiwal.

Cacing yang akan dibudidaya ini berjenis Lumbricus rubellus dan kristal sebanyak 20 kilogram. BMC merupakan mitra CV Tri Jaya Makmur.

“Kami membeli indukan dengan bayar setengah harga dulu pada CV Tri Jaya Makmur, saat panen nanti baru dilunasi. Ini membantu karena modal kami memang sedikit,” jelas Djiwal.

Kelompok yang terdiri dari 13 orang ini membeli indukan seharga Rp65.000 per kilogram. Setelah tiga bulan satu kilogram cacing bisa dipanen sampai empat kilogram. Cacing akan berkembang dengan pesat dengan perawatan mudah.

Untuk pemasarannya ditanggung sepenuhnya pihak CV yang kini bermitra dengan 30 orang dan beberapa kelompok.

“Kami akan membelinya Rp25.000 per kilogram. Ada surat perjanjian, jadi berapapun hasilnya saya yang akan beli. Jadi kelompok tak usah khawatir,” tegas Wahana, perwakilan CV Tri Jaya Makmur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya