SOLOPOS.COM - Ilustrasi debut maskapai Citilink di Solo (Sunaryo Haryo Batu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Citilink Solo berencana memperbanyak agen penjual tiket pesawat untuk lebih mengenalkan diri sekaligus menjangkau masyarakat lebih luas. Langkah itu dilakukan untuk menggenjot load factor.

Sales Representatif Citilink Solo, Cahyo Katon, menyampaikan sekitar dua bulan beroperasi di Solo, load factor Citilink masih sesuai perkiraan, yakni 80%-85%. Meski begitu, pihaknya terus menggenjot peningkatan load factor.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Langkah itu dilakukan karena load factor di bawah 85% belum mampu mencapai break event point (BEP) mengingat harga tiket yang dijual tidak terlalu tinggi. “Upaya yang kami lakukan adalah memperbanyak agen Citilink, dengan deposito Rp2 juta dan menunjukkan NPWP [nomor pokok wajib pajak] dan memiliki SIUP [surat izin usaha perdagangan] langsung bisa menjadi agen,” ungkap Katon kepada wartawan, Jumat (12/9/2014).

Menurutnya, kini Citylink sudah memiliki sekitar 50 agen di Solo. Jumlah itu diharapnya bisa bertambah menjadi 100 agen hingga akhir tahun.

Dengan penambahan agen tersebut, pihaknya menargetkan load factor menjadi 90%. Katon menjelaskan selama ini kebanyakan yang memanfaatkan layanan penerbangan Citilink adalah karyawan, businessman, PNS dan pejabat. Penumpang yang biasanya ke Solo setiap Jumat dan kembali ke Jakarta setiap Minggu juga banyak.

Menurut dia, banyaknya agenda di Solo sejauh ini belum berpengaruh terhadap load factor. Hal ini karena Citilink masih menjadi pilihan terakhir bagi penumpang yang ingin ke Jakarta sehingga penumpang biasanya akan masuk banyak saat last minute.

GATF 2014
Sementara itu, maskapai berbiaya murah ini (LCC), juga ikut memeriahkan acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2014 pada Jumat-Minggu (12-14/9). Pada acara yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut, Citilink menargetkan transaksi penjualan Rp3 miliar.

President dan CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, menyampaikan target tersebut sejalan dengan capaian penjualan Citilink GATF periode pertama April lalu, senilai Rp1,5 miliar. Pihaknya mengaku optimistis mampu mencapai target tersebut melalui pemberian diskon 10%.

Selain menawarkan tiket promo, Citilink juga mengadakan kuis berhadiah promo lain berupa permainan wheel of fortune bagi pembeli yang melakukan transaksi senilai Rp3 juta. Citilink juga mengadakan sosialisasi aplikasi mobile untuk memeriahkan GATF kali keenam tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya