PELUANG USAHA : Bisnis Ular Warga Boyolali Raup Omzet Rp125 Juta

PELUANG USAHA : Bisnis Ular Warga Boyolali Raup Omzet Rp125 Juta

SOLOPOS.COM - eri Kristianingsih, 30, yang akrab disapa Ning, sedang menguliti ular pada Sabtu (23/5/2015) siang di pemotongan ular Desa Sambon, Boyolali. (Kharisma Dita/JIBI/Solopos)

Peluang usaha warga Boyolali bisa jadi insipirasi meskipun bergelut dengan binatang berbahaya.

Solopos.com, BOYOLALI -- Peluang usaha bisnis ular masih jarang dilakukan. Selain ular merupakan binatang berbahaya juga karena tak banyak yang mengetahui menjadikan ular sebagai sumber penghasilan.  

Waluyo, 50,  warga RT 011/RW 001 Dukuh Harjosumartan, Desa Sambon, Banyudono, Boyolali merupakan salah satu pengusaha yang menjadikan ular sebagai ladang bisnis. Dalam sebulan pemilik usaha pengolahan ular ini mampu mendapatkan omzet mendapai Rp125 juta.

Kepada Solopos.com, Sabtu (23/5/2015), Waluyo menuturkan  bisnis jual beli ular baik ular hidup maupun ular potong telah digelutinya selama 30 tahun.

Ya, ular yang bagi sebagian besar orang merupakan hal yang mengerikan, ternyata malah menjadi sumber penghasilan menggiurkan bagi Waluyo.  Walyu banyak bercerita bisnis ekstrem yang telah digelutinya itu.

Ada beberapa jenis ular yang diperjualbelikannya, mulai dari berbagai jenis ular kayu, sanca, dan ular kobra. Jenis primadona adalah ular kobra. Namun sayang, beberapa tahun belakangan pasokan ular kobra sedikit demi sedikt mengalami penurunan.

 

Ular-ular yang diperolehnya itu kemudian diolah sedemikian rupa dijadikan kulit. Sementara daging hingga empedunya bisa diolah kembali. Langgaran Waluyo tak hanya dari wilayah Soloraya. Namun juga para eksportir yang biasa memasok ke Taiwan dan Hong Kong.

Waluyo biasa mengirimkan kulit, empedu dan daging ularnya ke dua eksportir di Teras, Boyolali dan Surabaya, Jawa Timur. Biasanya, oleh para eksportir tersebut ular-ular tersebut dipasarkan ke Taiwan dan Hong Kong.

Di luar itu, banyak juga pengusaha restoran dengan sajian menu kobra di daerah Solo yang menjadi langganannya kerap datang membeli dua kali sehari seharga Rp15.000 per kilogram ular. Ular, terutama daging ular kobra dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis penyakit mulai dari gatal-gatal hingga kanker dan penambah stamina.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.

Resep Opor Ayam Khas Solo Sedap untuk Lebaran

Berikut resep opor ayam spesial khas Solo yang dapat disajikan saat Lebaran tiba untuk menjamu keluarga tercinta.

Cari Bandar Pil Koplo di Lapas Probolinggo, Polisi Pulang dengan Tangan Hampa

Berbekal informasi dari pengedar pil koplo yang mereka tangkap, Satnarkoba Polres Tulungagung Kota merazia Lapas Tulungagung. Namun mereka tak menemukan bandar maupun barang bukti dalam razia tersebut.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

Berkah Bulan Puasa, Penjualan Eceran Maret 2021 Melejit dari Posisi Minus

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran secara bulanan pada Maret 2021.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

OTT Bupati Nganjuk, Diehard Orang Terbaik KPK

"Udah masuk list 75, tapi masih OTT smiling face with smiling eyes."