SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, JAKARTA–Sosok Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belakangan muncul dalam pembicaraan publik sebagai kandidat calon gubernur (cagub) pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan Gibran dan para kader PDIP lain bisa berkaca dari bagaimana cara PDIP menyiapkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bagi PDI Perjuangan seluruh kader itu harus mempersiapkan diri menggembleng, harus membuat legacy ketika ditugaskan. Mas Gibran saat ini sebagai Wali Kota Solo, apa yang Mas Gibran lakukan, prestasi sebagai Wali Kota Solo tentu saja menjadi bahan evaluasi partai dalam menentukan tugas-tugas selanjutnya,” kata Hasto menjawab awak media seusai acara menanam pohon di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (28/1/2023).

Hasto mengingatkan seluruh kader harus mempersiapkan diri dan terus menggembleng diri. Ketika mendapat kepercayaan dan penugasan pun harus membuat legacy yang nyata.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami terus melakukan upgrading para kepala daerah dari PDIP, semua secara periodik ditingkatkan kepemimpinannya,” ulas Hasto.

Lantas bagaimana peluang Gibran maju di Pilgub DKI? Hasto menyebut PDIP mengikuti tahapan dengan baik, saat ini fokus PDIP mempersiapkan pileg dan pilpres, setelah itu berbicara pikada.

“Yang [bicara] cocok atau tidak [Gibran sebagai cagub DKI Jakarta] kan rakyat. Nanti ada ukurannya. Prestasinya bagaimana di Solo, itu yang harus dilakukan terlebih dahulu,” imbuh Hasto.

Sebelumnya, anggota Badan Pemenangan Pemilu Partai Gerindra Ade Rezki Pratama mengatakan Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada), baik di Jawa Tengah maupun DKI Jakarta.

“Wali Kota Solo memiliki visi dan misi yang baik, bagaimana karakter secara pribadi, ketokohan, dan mengelola pemerintahan. Pak Prabowo sudah sampaikan, apakah untuk di Jawa Tengah atau DKI Jakarta, beliau siap untuk mendukung,” kata Ade Rezki dalam keterangan yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Ade menambahkan Partai Gerindra mendukung Gibran mencalonkan diri menjadi gubernur karena putra pertama Presiden Joko Widodo itu dinilai memiliki karakter ketokohan dan pengelolaan pemerintah yang baik selama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Beberapa waktu lalu, Mas Gibran sudah berkunjung ke kediaman Pak Prabowo. Ini membuat situasi sangat baik dan kondusif. Gerindra membuka peluang terhadap dukungan bagi Mas Gibran di 2024,” tambahnya.

Anggota DPR itu pun menyampaikan Prabowo memberikan kesempatan terhadap kader-kader partai maupun tokoh eksternal untuk menjadi kepala daerah. Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut, kata Ade, seluruh rakyat Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam berpartisipasi memajukan bangsa dan negara.

“Pak Prabowo memberikan ruang bagi pemuda Indonesia, termasuk kepada Mas Gibran, dalam rangka rencana ke depan. Apakah dalam kontestasi pilkada tahun depan, Gerindra sambut baik kinerja yang dilakukan Wali Kota Solo sejauh ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto bertemu dengan Gibran di Solo, Selasa (24/1/2023). Pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela penyerahan motor dan alat komunikasi kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo.

Gibran pun mengunggah foto saat dia bersama Prabowo di Solo di akun Twitter-nya, @gibran_tweet pada Selasa. Pengamatan Solopos.com, foto itu diberi caption atau keterangan, “siap menunggu perintah.” Foto itu menampilkan momen ketika Gibran membungkuk di depan Prabowo. Sementara, Prabowo memegang punggung Gibran.

Baca Juga

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gibran Digadang-Gadang Cagub DKI, Begini Jawaban PDIP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya