SOLOPOS.COM - Pelindo Regional 3 akan menyiapkan sedikitnya 20 terminal penumpang dan roro untuk melayani penumpang arus mudik lebaran yang diprediksi meningkat. (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 akan menyiapkan sedikitnya 20 terminal penumpang dan roro untuk melayani penumpang arus mudik lebaran yang diprediksi meningkat.

Terkait hal tersebut, Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini khususnya via jalur laut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah langkah antisipasi tersebut di antaranya meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Di antaranya ialah penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik, baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Sejumlah fasilitas tersebut di antaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menyampaikan sedikitnya terdapat 20 terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2023 ini. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2023 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

“Tak hanya persiapan dan koordinasi dengan internal perusahaan, kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran guna memastikan seluruh layanan untuk pemudik siap melayani,” jelas Ardhy.

Ardhy menambahkan potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut juga berpotensi terjadi pada arus mudik lebaran tahun ini. Hal tersebut setelah ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh General Manager Pelabuhan yang mengelola terminal di bawahnya untuk melakukan persiapan lebih dini.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, musala hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang,” pungkas Ardhy, Regional Head 3 Pelindo.

Sebelumnya, arus mudik lebaran via jalur laut menjadi salah satu alternatif favorit para pemudik di Indonesia. Pelindo Regional 3 mencatat setidaknya terdapat sekitar 500.000 penumpang yang hilir mudik di 20 pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 3 pada mudik lebaran 2022. Jumlah ini diprediksi akan meningkat tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya