SOLOPOS.COM - Pelabuhan Kendal (JIBI/Solopos/Antara)

Pelindo III siap menggelontorkan dana investasi Rp6 triliun untuk proyek pengembangan Pelabuhan Kendal.

Semarangpos.com, KENDAL – PT Pelindo III akan mengucurkan dana investasi mencapai Rp6 triliun dalam proyek pengembangan Pelabuhan Kendal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Utama Pelindo III, Ari Askhara, mengatakan proyek peluasan Pelabuhan Kendal akan dimulai dengan melakukan pengerukan sedimen di sekitar perairan Kendal sedalam 10 meter.

“Area perairan Kendal saat ini hanya sedalam 3 meter, nanti diperdalam lagi hingga 10 meter,” ujar Ari, usai menandatangani nota kesepahaman dengan Bupati Mirna Annisa di Pendapa Kabupaten Kendal, Kamis (28/12/2017).

Ari menambahkan bersinergi dengan Pelindo III yang memiliki kemampuan bisnis, teknik, dan modal yang mumpuni, Pemkab Kendal juga bisa mengembangkan aset daerahnya secara efisien.

Ia pun berharap kerja sama antara Pelindo III dan Pemkab Kendal bisa memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar dan juga pemangku kepentingan logistik di Jawa Tengah (Jateng).

Megaproyek perluasan Pelabuhan Kendal, lanjut Ari, mencakup pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana, penggalian sedimen untuk jalur kapal hingga pembuatan kolam pelabuhan.

Dengan dibangunannya infrastruktur itu, Ari pun berharap kebutuhan Pelabuhan Kendal bisa terpenuhi.

“Kami akan melakukan studi paralel dalam kurun waktu 6-9 bulan kedepan. Setelah itu, kami baru menggarap pembangunan pelabuhan, termasuk pembuatan dermaga,” beber Ari.

Ari juga berharap Pelabuhan Kendal nantinya bisa mendukung aktivitas bongkar muat barang yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Moh Toha, megaproyek Pelabuhan Kendal mulai dikerjakan pada tahun 2018 nanti.

“Pengembangan pelabuhan niaga bisa direalisasikan tahun depan, lalu lanjut ke perluasan sarana di sisi barat untuk dirancang menjadi skala internasional,” tutur Toha.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya