SOLOPOS.COM - Polisi Mempertemukan 5 Tersangka Kasus Sodomi di JIS dengan Wartawan

Solopos.com, JAKARTA—Kasus Pelecehan seksual di TK Jakarta International School (JIS) telah merilis lima tersangka. Namun, nama Azwar tersangka kasus kejahatan seksual di JIS yang bunuh diri, Sabtu (26/4/2014), belum masuk dalam lima nama tersangka kasus JIS yang dirilis polisi Sabtu sore lalu. Ada apa?

Azwar, tersangka kejahatan seksual di Jakarta International School (JIS), bunuh diri di toilet saat menjalani pemeriksaan di kantor unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Mapolda Metro Jaya.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

Pengacara korban, Irfan Fahmi mengaku kaget saat mengikuti jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (26/4).

Saat itu polisi hanya menampilkan 5 tersangka yakni Agun Iskandar, Virgiawan Amin alias Awan, Afrischa Setyani, serta dua pria yakni Syahrial dan Zainal Abidin.

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak ada penyebutan nama Azwar sebagai tersangka dalam rilis sekitar pukul 15.00 WIB tersebut. Bahkan Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Heru Pranoto menyebut polisi masih mencari seorang pelaku.

“Seorang lagi sedang kita cari,” katanya sebagaimana dikutip dari Detik.

Azwar Belum Dirilis
Padahal polisi sudah mengamankan Azwar ke Mapolda Sabtu sekitar pukul 04.00 WIB. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto dalam keterangan terpisah menjelaskan kronologis upaya bunuh diri Azwar.

“Sekitar jam 04.00 WIB, tersangka Azwar tiba di kantor unit PPA PMJ dimana yang bersangkutan merupakan tersangka perbuatan sodomi terhadap anak bersama dengan tersangka Awan, tersangka Zainal dan Syahrial,” kata Rikwanto.

Lalu mengapa nama Azwar tidak dibeberkan dalam rilis para tersangka? “Tersangkanya semuanya ada 6. tapi yang satu, Azwar ini saat rilis tadi siang memang tidak dihadirkan karena sedang menjalani pemeriksaan,” jawab Rikwanto dikonfirmasi terpisah.

Rikwanto memastikan ada 6 tersangka kejahatan seksual di Jakarta International School (JIS). Tapi Azwar tidak dihadirkan dalam rilis tersangka di Mapolda Metro Jaya sore tadi karena peristiwa bunuh diri.

“Tersangkanya ada 6. Tapi Azwar saat rilis tidak dihadirkan karena sedang menjalani pemeriksan,” kata Rikwanto dalam pesan singkatnya, Minggu (27/4/2014) dini hari.

Sebelumnya Polda merillis 5 orang tersangka kasus kejahatan seksual di JIS yakni Agun Iskandar, Virgiawan Amin alias Awan, Afrischa Setyani, serta dua pria berinisial S dan Z.

Saat dihadirkan dalam jumpa pers, kelimanya memakai baju tahanan warna oranye dengan wajah ditutupi topeng dari karton.

Tak ada kata-kata yang diucapkan para tersangka. Mereka menunduk dan kemudian menghadap ke tembok. Kelimanya diduga berkomplot melakukan sodomi pada korban siswa TK di JIS.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Heru Pranoto menyampaikan, bahwa mereka saling membantu melakukan aksinya. Sesama mereka juga ada hubungan spesial. Sebelum menyodomi korban, para pelaku juga pernah saling menyodomi.

Sementara tersangka Azwar tiba di Mapolda Metro Jaya sekitar pukul 04.00 WIB, Sabtu (26/4). Dia diperiksa di kantor unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA).

Di sela pemeriksaan sekitar pukul 11.55 WIB, Azwar minta izin ke toilet. 5 menit kemudian petugas curiga mendengar suara dari dalam toilet.

Saat pintu toilet didobrak, tubuh Azwar ditemukan melintang di lantai. Azwar dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jaktim setelah sempat dibawa ke Dokkes PMJ untuk pertolongan pertama.

Sekitar pukul 18.00 WIB, penyidik mendapat kabar Azwar telah meninggal dunia. Dari hasil olah tempat kejadian perkara, penyidik menemukan botol pembersih lantai merek Porstex dan pengharum ruang toilet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya