SOLOPOS.COM - Pele saat masih membela Timnas Brazil-Getty Images

Pele saat masih membela Timnas Brazil-Getty Images

SAO PAULO – Dokumen yang dirilis oleh otoritas Brazil menunjukkan bahwa para pejabat militer terus melacak Pele selama era kediktatoran negara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diwartakan AP, Selasa (2/4/2013), dalam file resmi pemerintah negara bagian Sao Paulo menunjukkan pejabat setempat sempat menyelidikan Pele pada tahun 1970-an. Mereka mencatat kegiatan dan menyelidiki insiden yang melibatkan bintang sepak bola Brazil itu, termasuk serangan yang dituduhkan ke rumahnya di kota pesisir Santos.

Dikitator militer sempat memerintah Brazil pada tahun 1964-85. Pejabat yang ada saat itu terus melakukan identifikasi terhadap lawan politik maupun kaum kiri radikal.

Pele sudah dikaitkan dengan penyelidikan kediktatoran militer setelah ia diduga menerima manifest meminta bantuannya untuk mencoba dan mempengaruhi pembebasan tahanan politik.

Dokumen-dokumen yang dimiliki Pele di antaranya beberapa file yang cukup terkenal di Brazil akhirnya dirilis secara online oleh pemerintah negara bagian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya