Kategori: Solo

Pelayat Salatkan Jenazah Ahmad Sukina di Kawasan Kantor Pusat MTA Solo


Solopos.com/Wahyu Prakoso, Rohmah Ermawati

Solopos.com, SOLO -- Para pelayat memadati halaman Kantor Pusat Yayasan Majlis Tafsir Al-Quran (MTA) di Jl. Ronggowarsito Solo, Kamis (25/2/2021). Mereka mensalatkan jenazah Pimpinan Pusat MTA Ahmad Sukina yang berada di dalam ambulans.

Wartawan Solopos, Wahyu Prakoso, melaporkan sekitar pukul 08.00 WIB para pelayat telah berkumpul di kawasan Kantor Pusat MTA yang berlokasi di depan Pura Mangkunegaran Solo. Mereka menunggu kedatangan jenazah Ahmad Sukina dari RSUD dr. Moewardi Solo.

Kemudian sekitar pukul 09.14 WIB, pelayat diminta menghadap ke barat untuk melakukan salat jenazah dengan imam Ustaz Suharto. Sementara jenazah Ahmad Sukina tetap berada di dalam ambulans yang parkir di Jl. Kartini.

Baca juga: Anak Ungkap Pimpinan MTA Ahmad Sukina Terkena Serangan Stroke

Salat jenazah berlangsung sekitar 5 menit dengan pelayat perempuan berada di saf belakang jemaah laki-laki. Setelah itu, ambulans langsung diberangkatkan ke permakaman muslim Kaliboto di Mojogedang, Karanganyar.

Sekretaris Pusat MTA yang juga putra Ahmad Sukina, Muhammad Fathin Habibullah, menjelaskan Ustaz Ahmad Sukina mendadak hilang kesadaran pada Rabu (24/2/2021) kemudian dilarikan ke rumah sakit. Dia menyatakan diagnosis dokter menyatakan almarhum mengalami serangan stroke.

Pesan Ahmad Sukina

Ditanya terkait pesan terakhir dari Ustaz Sukina, Fathin menyatakan setiap kalimat yang disampaikan sang ayah adalah pesan yang harus dilaksanakan.

"Yang mana kita sebagai generasi penerus harus memegang teguh cita-cita dan semangat beliau. Kami berharap sepeninggal beliau kapal MTA yang sudah sebesar ini tidak limbung," jelasnya.

Diberitakan, Pimpinan Pusat Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur'an (MTA) Ahmad Sukina, Kamis (25/2/2021), meninggal dunia di usia 73 tahun. Almarhum meninggalkan istri Rahayu Utami Sari, delapan orang anak, dan 19 cucu.

Baca juga: Mengenang Ustaz Sukina, Pemimpin MTA Dekat dengan Jokowi hingga Prabowo

Berdasarkan rilis yang diperoleh Solopos.com dari Yayasan MTA, Ahmad Sukina tutup usia di RSUD dr. Moewardi Solo dini hari tadi sekitar pukul 03.47 WIB karena sakit. Jenazah Ustaz Sukina dimakamkan di Permakaman Muslim Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar, siang nanti berangkat dari Kantor Pusat MTA di Jl. Ronggowarsito depan Pura Mangkunegaran Solo.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati