SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) berupaya meningkatkan pelayanan melalui pengadaan peralatan modern, ujar General Manajer TPKS Iwan Sabatini.

“Kami terus meningkatkan sarana dan prasarana dengan perlengkapan modern, pada 2015 kami akan mendatangkan beberapa peralatan tambahan,” ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (30/9/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, perkembangan dunia bisnis saat ini kian pesat sehingga segala sesuatunya dibutuhkan waktu yang cepat namun tepat. Iwan mengatakan, jika TPKS tidak mengikuti perkembangan maka akan tertinggal dari pelabuhan lain.

Sementara itu, sebagai upaya peningkatan pelayanan, dalam waktu dekat ini TPKS akan mewajibkan semua trailer yang masuk ke wilayahnya dilengkapi Radio Frequency Identification (RFID).

“Langkah ini kami lakukan untuk lebih memaksimalkan kelancaran dalam proses bongkar muat di kawasan TPKS,” ujarnya.

Menurutnya, RFID wajib digunakan pada trailer yang akan mengambil peti kemas impor, selain itu pengemudi trailer yang akan masuk ke wilayah TPKS juga diwajibkan menggunakan ID Card, rompi, dan helm.

Pemasangan RFID dilakukan oleh TPKS tanpa dikenai biaya apapun. Sejauh ini, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi agar para pengusaha angkutan peti kemas dapat mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

“Setelah semua persyaratan lengkap maka kami baru melakukan pendataan dan pemasangan perlengkapannya,” ujarnya.

Pihaknya berharap, hingga pertengahan tahun depan semua trailer yang masuk ke TPKS sudah dilengkapi dengan RFID.

Sementara itu, pihaknya berupaya agar para pengusaha angkutan menggunakan trailer-trailer yang layak untuk keluar masuk di TPKS.

“Ini berpengaruh terhadap kelancaran proses bongkar muat, karena kalau sampai ada yang macet atau mogok di dalam, pasti akan menghambat yang lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya