SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Predikat akreditasi B tersebut berlaku selama tiga tahun hingga 2019 mendatang.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA) Kabupaten Kulonprogo dinyatakan layak mengantongi akreditasi B oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional. Capaian itu diharapkan memotivasi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Kepala KPA Kulonprogo, Harminto mengatakan, sertifikat akreditasi telah diterima pada Jumat (4/11/2016) pekan lalu. Predikat akreditasi B tersebut berlaku selama tiga tahun hingga 2019 mendatang. Menurutnya, hal itu menjadi penanda jika KPA Kulonprogo telah memenuhi standar, baik dari sisi sarana dan prasarana maupun kualitas sumber daya manusia. “Ini jadi motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Harminto, Rabu (9/11/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

KPA Kulonprogo terus berusaha melengkapi koleksi buku bacaan dan referensi ilmu pengetahuan Meski begitu, Harminto menegaskan perpustakaan bukan hanya tempat membaca dan meminjam buku. Masyarakat juga bisa mengakses berbagai informasi dan pengetahuan melalui fasilitas media interaktif dan internet. Ada ruang audio visual yang menyediakan beragam video interaktif. Perpustakaan juga memiliki ruang khusus bacaan anak yang dilengkapi sejumlah koleksi alat peraga edukasi untuk anak-anak.

Menurut Harminto, perpustakaan adalah sumber ilmu sehingga bisa dijadikan pusat belajar. Itulah mengapa KPA Kulonprogo semakin giat menggelar berbagai pelatihan dan penyuluhan dengan mengundang narasumber yang ahli di bidang masing-masing. Harminto lalu mengungkapkan, penyuluhan yang belum lama diselenggarakan adalah terkait pangan berbahan daging. Pematerinya berasal dari Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kulonprogo dan diikuti 12 orang peserta. “Pulang dari perpustakaan, peserta diharapkan memiliki tambahan pengetahuan tentang sumber protein hewani yang aman, sehat, dan halal,” kata Harminto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya