SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi (JIBI/dok)

Pelayanan listrik Jateng kini mulai meningkat terutama untuk listrik Prabayar. Di Kudus, pelanggan listrik prabayar kini mencapai 200.000 pelanggan dari total 1,1 juta pelanggan 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kanalsemarang.com, KUDUS– Jumlah pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara Area Kudus, Jawa Tengah, yang menggunakan listrik prabayar hingga kini mencapai 200.000 pelanggan dari 1,1 juta pelanggan.

“Hingga kini, jumlah pelanggan listrik pascabayar memang masih mendominasi karena jumlahnya mencapai 900.000-an pelanggan, sedangkan pelanggan listrik prabayar baru 18,18 persen dari total pelanggan di wilayah Area Kudus,” kata Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PT PLN Area Kudus Jabar Pasaribu seperti dikutip Antara, Kamis (15/1/2015).

Ia mengatakan, pelayanan listrik prabayar memang sempat terkendala ketersediaan kilowatt hour (kwh) meter karena perusahaan yang memenangkan tender harus melayani semua daerah di Tanah Air.

Sementara kapasitas produksinya, kata dia, tentu terbatas sehingga pelanggan memang harus bersabar.

Untuk saat ini, kata dia, sudah tersedia stok kwh meter sebanyak 12.000 unit.

“Jumlah tersebut, dipastikan sudah memenuhi jumlah pelanggan yang selama ini masuk dalam daftar tunggu yang tersebar di delapan rayon,” ujarnya.

Kedelapan rayon tersebut, meliputi PT PLN Rayon Kudus Kota, Jepara, Bangsri, Pati, Juwana, Rembang, Cepu, dan Blora.

Adapun jumlah daftar tunggunya, kata dia, sebanyak 11.000 pelanggan.

“Rencananya PLN Area Kudus akan mendapatkan pasokan 50.000 kwh meter,” ujarnya.

Dengan adanya listrik prabayar, kata dia, memang cukup membantu upaya PLN menurunkan angka tunggakan pembayaran rekening listrik.

Listrik prabayar merupakan listrik pintar karena pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik dan tidak perlu khawatir mengalami pemutusan aliran listrik seperti yang dialami pelanggan listrik pascabayar.

Selain itu, pelanggan juga tidak perlu terikat dengan jadwal pembayaran listrik bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya