SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi kartu BPJS (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan (JIBI/Solopos/Dok.)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Divisi Regional (Divre) VI Jawa Tengah dan DIY mengaku sebagai divre terbanyak dengan rumah sakit yang menerapkan bridging system.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

“Sebelumnya sudah ada lima dan sekarang ditambah lagi 20, sehingga totalnya ada 25 rumah sakit yang menerapkan bridging system,” kata Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional VI Andayani Budi Lestari seperti dikutip Antara, Selasa (23/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Hal tersebut disampaikan di sela-sela acara pertemuan evaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semester I pada 2014 Provinsi Jateng dan DIY di Hotel Gumaya Semarang.

Andayani mengatakan belum semua rumah sakit menerapkan bridging system karena perlunya kesiapan sistem dari masing-masing rumah sakit.

“Target kami, pada tahun ini dapat diterapkan di 60 rumah sakit,” katanya.

Manfaat penerapan bridging system, lanjut Andayani adalah menjadikan pelayanan administrasi berjalan lebih lancar, efektif, efisien, terjaminnya kepastian pembiayaan dan proses klaim dapat dilakukan lebih cepat.

Adanya manfaat kemudahan dan kecepatan proses administrasi tersebut, diharapkan kepuasan peserta BPJS Kesehatan juga akan meningkat.

Ia mencontohkan salah satunya manfaatnya adalah jika sebelumnya antrean di sejumlah rumah sakit tinggi, maka dengan adanya penggabungan dua sistem (SIM RS dan SIM BPJS Kesehatan) tingkat antrean menjadi berkurang.

“Jika sebelumnya anteran tidak teratur, dengan adanya sistem tersebut menjadikan anteran teratur dan berkurang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya