SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Seorang petugas medis menyiapkan ruangan isolasi di RSUD Pandan Arang Boyolali, Rabu (14/5/2014). Kamar itu disiapkan secara dini salah satunya untuk menangani pasien suspect MERS. (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

ilustrasi (JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, KUDUS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudus, Jawa Tengah, segera memiliki unit perawatan jantung dan paru menyusul disediakannya anggaran sebesar Rp60 miliar pada 2015.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Anggaran sebesar itu nantinya digunakan untuk membangun gedung berlantai tiga dan alat kesehatan penunjang untuk unit penyakit jantung dan paru,” kata Direktur RSUD Kudus Abdul Azis Achyar di Kudus seperti dikutip Antara, Jumat (12/12/2014).

Dari anggaran tersebut, kata dia, untuk pembangunan gedungnya dianggarkan sekitar Rp35 miliar, sedangkan sisanya untuk pengadaan alat kesehatan pendukungnya.

Bangunan baru tersebut, kata dia, nantinya akan dijadikan layanan unit jantung, pembuluh darah, dan perawatan paru.

Sejauh ini, kata dia, fasilitas yang tersedia untuk melayani pasien yang menderita penyakit jantung dan paru memang kurang memadai.

Untuk saat ini, kata dia, pemeriksaan kedua penyakit tersebut dengan dokter spesialis penyakit dalam karena memang hubungannya sangat erat.

“Hanya saja, idealnya memang harus dokter spesialis jantung,” ujarnya.

Khusus penanganan penyakit paru, kata dia, memang dibutuhkan unit layanan tersendiri yang terpisah dengan pasien yang mengalami penyakit lainnya.

Dalam rangka mempersiapkan unit perawatan jantung tersebut, kata dia, RSUD Kudus juga mempersiapkan tenaga medisnya.

“Sudah ada dua dokter yang mengikuti pendidikan khusus penyakit jantung,” ujarnya.

Nantinya, kata dia, dibutuhkan kardiolog atau dokter ahli penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya