SOLOPOS.COM - Warga mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Boyolali, untuk mendapatkan layanan kependudukan, Senin (11/1). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Boyolali tetap berjalan, Senin (11/1/2021).

Namun dengan dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan. Ini untuk mencegah kerumunan dan pertemuan langsung. Layanan akan lebih menitikberatkan pada layanan online.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Disdukcapil Kabupaten Boyolali, Suyitno mengatakan pelayanan di kantornya tetap berjalan. Namun saat ini mentaati protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19, ada batasan-batasan yang berlaku. Misalnya saja mengenai jam pelayanan.

"Untuk pelayanan tetap dibuka, namun hanya sampai pukul 12.00 WIB," kata dia, Senin.

Dilema Pandemi, Bupati Boyolali Takut Generasi Blank Jika Sekolah Tak Kunjung Dibuka

Kemudian di ruang pelayanan juga diterapkan protokol kesehatan, seperti wajib cuci tangan dengan sabun, memakai masker serta menjaga jarak. Menurutnya pembatasan di Disdukcapil tersebut telah dimulai sebelum PPKM, Senin.

Dia mengatakan pembatasan pelayanan sudah dijalankan cukup lama, sejak pandemi Covid-19 dan Boyolali masuk zona merah. "Untuk jam operasional, mungkin bisa diperpendek lagi. Tapi kami masih mengkajinya," lanjut dia.

Beda SKPD di Sragen Beda Kebijakan WFH, Ini Sebabnya

Layanan Online

Lebih lanjut, Sekretaris Disdukcapil Boyolali, Marjono mengatakan bagi warga yang belum bisa mendapatkan pelayanan reguler sampai pukul 12.00 WIB, bisa mengakses layanan secara online.

"Kalau menggunakan sistem pelayanan sebelumnya, layanan dibuka hingga pukul 12.00 WIB. Selanjutnya warga bisa mengikuti layanan online. Kalau yang online buka 24 jam," kata dia.

Dalam penataan tugas pun, bagi petugas yang melayani layanan regular di Disdukcapil, setelah pukul 12.00 WIB, akan bertugas untuk verifikasi layanan online. "Jadi untuk layanan memang lebih menitikberatkan pada layanan online. Ini untuk meminimalkan pertemuan langsung," kata dia.

Catat! Selama PPKM Perpustakaan Daerah Klaten Tutup

Dia juga menyampaikan untuk saat ini pelayanan kependudukan, selain bisa dilayani di Disdukcapil juga bisa dilayani di Kecamatan bahkan di desa atau kelurahan. Menurut data Disdukcapil, saat ini sudah ada lebih dari 200 desa/kelurahan yang bisa melayani layanan kependudukan secara online.

Hampir semua layanan kependudukan dapat dilayani di tingkat desa, kecuali pencetakan KTP dan KIA. Untuk mencetak KTP dan KIA tetap harus dilakukan di kecamatan atau Disdukcapil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya