SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sebagai wujud penghargaan kepada pelawak-pelawak nusantara yang memiliki kepedulian melestarikan dagelan Indonesia, Persatuan Seniman Komedian Indonesia (Paski) bakal memberikan Paski Award.

Paski award diperuntukkan bagi seluruh pelawak Indonesia sejak tahun lawas maupun muda-mudi berprestasi era sekarang. Pemberian penghargaan yang baru kali pertama bakal digelar itu sekaligus bentuk inventarisasi pelawak Indonesia untuk kepentingan dokumentasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Paski Jawa Tengah (Jateng) Tri Harjono, Minggu (16/9/2012) di Solo memaparkan pendokumentasian tersebut sekaligus sebagai ajang edukasi bagi pelawak muda.

Saat ini anggota Paski dari sejumlah pengurus daerah (Pengda) tengah melakukan inventarisasi nama-nama pelawak dari daerah masing-masing yang berhak mendapatkan penghargaan. Prosesi penghargaan bakal dilakukan di Riau di tahun mendatang bersamaan perayaan ulang tahun Paski.

Di Solo sendiri ada sekitar 20 pelawak lawas maupun muda yang bakal mendapatkan penghargaan tersebut, di antaranya Edy Sud, Basiyo dan Bing Slamet.

“Kalau pelawak di Solo banyak sekali. Tapi yang diberi penghargaan adalah mereka yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan dunia perlawakan. Mereka juga bisa disebut pejuang,” tambahnya

Pemberian award bagi pelawak itu, merupakan salah satu hasil keputusan dalam musyawarah kerja nasional (Mukernas) Paski Indonesia yang diadakan di Bale Tawangarum, Balaikota Solo, Jumat (14/9/2012).

Dalam Mukernas yang dihadiri oleh ketua umum Paski, Deri empat sekawan, Sekretaris Jenderal Paski, Didin Bagito, Wakil Sekretaris Jendral Renaldi dan sejumlah pengurus Pengda itu juga berhasil menambah tiga pengda Paski. Tiga Pengda tersebut di antaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya