SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)

Pelatihan UMKM digelar Kelompok Diskusi Wartawan (KDW) untuk menambah wawasan pengusaha kecil tentang informasi teknologi. 

Solopos.com, SEMARANG-Kelompok Diskusi Wartawan (KDW) Jawa Tengah menggelar pelatihan pemanfaatkan informasi teknologi (IT) untuk kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan yang digelar bekerjasama dengan PT Telkom Divre IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Bank Jateng berlangsung di Kantor Telkom Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Kamis (11/6).
Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 20 orang pelaku UMKM mitra binaan Bank Jateng dibuka Pejabat Operasional Harian General Manager Telkom Divre IV Jateng dan DIY, Guntoro.
”Telkom siap memfasilitasi pengembangan IT guna mendukung kesuksesan UMKM untuk go international,” kata Guntoro.

Fasilitasi ini, imbuh dia, dalam bentuk pelatihan cara mengoperasionalkan internet, penyediaan akses internet, dan mentor, termasuk pendampingan dalam aplikasi di lapangan.

”Kami berharap setelah pelatihan IT ini, pelaku UMKM bisa melebarkan pasarnya, tidak hanya lokal, tapi nasional bahkan internasional. Inilah pentingnya pemanfaatan media internet untuk memasarkan produk UMKM,” harapnya didampingi Manajer Sekretariat dan Publik Relation Telkom, Sudjatmiko.

Ketua KDW Jateng, Saptono Joko Sulistya mengatakan melalui kegiatan pelatihan IT ini para pelaku UMKM dapat melek internet sehingga dapat mengembangkan usaha.
”Melalui internet pemasaran produk bisa dilakukan di mana saja hanya menggunakan smarphone berukuran kecil,” kata dia didampingi Ketua Panitia Moh. Saronji.

Dia menambahkan akan menggelar kegiatan pelatihan IT bagi seluruh pelaku UMKM di Jateng. ”Semoga PT Telkom dan Bank Jateng dapat mendukung kegiatan KDW ini,” tukas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya