SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Pelatihan tenaga kerja atau diklat industri garmen telah dibuka di Sambi, Boyolali, berikut uji kompetensinya.

Solopos.com, BOYOLALI — Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) secara resmi membuka program pendidikan dan pelatihan (diklat) operator mesin industri garmen berbasis kompetensi di PT Eco Smart Garment Indonesia, Sambi, Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diklat berbasis kompetensi tersebut merupakan agenda rutin dari Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas calon tenaga kerja dan profesional sebelum resmi bekerja di perusahaan. Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan industri padat karya seperti pabrik garmen PT Eco Smart Garment merupakan bidang yang memberikan kontribusi terbesar dalam penyerapan tenaga kerja.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami terus medorong pusdiklat [pusat pedidikan dan pelatihan Kemenperin] untuk terus menambah jumlah peserta pelatihan karena BKPM mendorong industri padat karya di antaranya tekstil sebagai salah satu pilar industri negeri ini,” ujarnya, Jumat (6/11/2015).

Kepala Pusdiklat Kemenperin, Mujiono, menyampaikan program diklat biasanya diikuti 100 peserta setiap angkatan dan diserap ke beberapa perusahaan. “Tapi kali ini pesertanya sekaligus 500 orang dan nanti semua lulusan direkrut grup PT Pan Brothers termasuk Eco Smart Garment ini,” katanya.

Menurut Mujiono, diklat dilakukan selama 10 hari dan peserta diharapkan lulus uji kompetensi. “Setelah dinyatakan lulus kompetensi, selanjutnya mendapatkan sertifikat.”

Pada tahun ini, pusdiklat telah bekerja sama dengan asosiasi pertekstilan untuk melakukan pelatihan pekerja dengan jumlah mencapai 9.200 orang. Pelatihan dilakukan secara menyebar baik di Jakarta, Surabaya, Semarang, maupun oleh perusahaan seperti Eco Smart Garment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya