SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Sebanyak 77 mahasiswa Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, mengikuti Pelatihan Kepemimpinan di Akademi Militer Magelang pada 10-12 Agustus 2014.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Direktur Pembinaan Lembaga Akmil, Kolonel Czi Mochamad Effendi di Magelang, Senin (11/8/2014), mengatakan, program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan dan kedisiplinan kepada generasi muda Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

“Melalui pelatihan ini diharapkan mereka bisa bermartabat, berkualitas dan berkarakter serta memiliki wawasan kebangsaan yang jauh dari narkoba, perkelahian, seks bebas, dan tindakan kekerasan lainnya yang melawan hukum. Mereka nantinya diharapkan dapat menjalankan dan memimpin organisasi-organisasi yang terdapat di perguruan tinggi maupun di masyarakat,” katanya seperti dikutip Antara.

Selama tiga hari, katanya, mereka akan mendapatkan bermacam materi teori maupun praktik, antara lain dasar-dasar kepemimpinan, wawasan kebangsaan, peraturan baris-berbaris, peraturan penghormatan militer serta outbond.

Mochamad Effendi mengatakan, kepemimpinan merupakan suatu seni yang dimiliki oleh seseorang agar mampu menggerakkan orang lain, secara perseorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi.

“Kepemimpinan juga meliputi berbagai dimensi dan berfungsi sebagai salah satu piranti penggerak, motor atau motivator sumber daya yang ada dalam organisasi sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan,” katanya.

Mochamad Effendi menuturkan, kecakapan seseorang dalam memimpin suatu organisasi tidak dapat muncul begitu saja, karena memerlukan bakat, latihan maupun pengalaman yang telah dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya