SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Masih ingat aksi pelatih Timnas Qatar U-19 Bruno Pinheiro masuk lapangan dan berteriak-teriak saat Luthfi Kamal hendak mengeksekusi tendangan bebas Minggu (21/10/2018) lalu? Pinheiro akhirnya mengakui telah melakukan provokasi saat anak asuhnya menghadapi timnas Indonesia U-19.

Laga penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, itu dimenangkan Qatar setelah melalui drama 11 gol. Intimidasi Pinheiro dilakukan dengan mendekati gelandang Indonesia, Luthfi Kamal, yang hendak melakukan tendangan bebas di menit akhir pertandingan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pinheiro melewati batas garis bagi pelatih, bahkan masuk ke dalam lapangan dan berteriak-teriak di belakang Luthfi. Itu dilakukannya ketika keunggulan Qatar terpangkas menjadi 6-5.

Ekspedisi Mudik 2024

Padahal, Qatar sempat unggul sampai 6-1, sebelum Timnas Indonesia U-19 menipiskan ketertinggalan lewat tiga gol Todd Rivaldo Ferre dan satu gol dari Saddil Ramdani. Pinheiro mengatakan intimidasi dilakukan untuk mengganggu fokus Luthfi Kamal saat melakukan tendangan.

Dilansir Suara.com, dia mengaku khawatir Luthfi Kamal menjebol gawang timnya yang bisa berdampak pada hasil seri. Pinheiro sendiri akhirnya diusir wasit akibat ulahnya itu.

“Situasi saat itu sangat menegangkan. Kadang dalam situasi seperti itu, bisa melakukan apa yang tidak dipikirkan. Saat itu, kami kebobolan tiga kali melalui tendangan bebas. Waktu itu saya pikir harus membantu tim,” kata Pinheiro di SUGBK, Sabtu (27/10/2018).

Ia pun berjanji tidak akan melakukannya lagi ketika menghadapi Thailand di perempat final Piala Asia U-19 2018 di SUGBK, Minggu (28/10/2018). Sebab, laga tersebut baginya sangat menentukan untuk bisa lolos ke semifinal dan meraih tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. “Tentu saja di laga selanjutnya saya tak akan melakukannya lagi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya