SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pemkot Solo mengalokasikan dana Rp20 juta untuk seragam dinas wakil walikota (wawali), Achmad Purnomo. Anggaran yang diplot di APBD 2013 itu dibelanjakan untuk tiga jenis seragam dinas. Hal itu dijelaskan Kabag Umum Setda Solo, Suwarta, saat ditemui wartawan di Balaikota, Selasa (16/4/2013).

“Seragam wawali sudah diplot di APBD tahun ini. Ada tiga jenis, jawi jangkep, khaki dan batik Kresna,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain menyediakan fasilitas seperti seragam, pihaknya kini sibuk menyiapkan fasilitas lain wawali seperti kantor dinas dan rumah dinas (rumdin) wawali. Beberapa hari terakhir, pihaknya mendekorasi ulang dua bangunan itu untuk keperluan dinas wawali ke depan.

Suwarta menjelaskan rumdin dan kantor dinas otomatis dihuni setelah Achmad Purnomo dilantik. “Secara umum, keduanya sudah siap ditempati. Kami juga sudah menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan wawali dalam bekerja,” terangnya.

Suwarta menguraikan, personel yang disiapkan untuk membantu kinerja wawali meliputi ajudan, sekretaris pribadi, sopir, petugas piket dan rumah tangga. Dia mengatakan personel tersebut tak jauh beda dengan yang dimiliki Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Khusus ajudan, pihaknya menyiagakan muka lama agar bisa cepat menyatu dengan wawali.

Lebih lanjut, Suwarta mengklaim tidak ada penambahan barang maupun perlengkapan baru yang menyedot anggaran tambahan. Dia mengatakan semua perlengkapan wawali masih menggunakan barang lama.

“Hanya berubah penataan ruangnya saja, disesuaikan selera wawali.”

Disinggung soal mobil dinas (mobdin) yang akan digunakan wawali, Suwarta enggan menjelaskan gamblang. Dia hanya memastikan mobdin Achmad Purnomo berjenis sedan.
Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, mengatakan semua kebutuhan Wawali sudah dipersiapkan bagian umum sejak jauh hari. Sekda menyebut wawali bisa segera menempati kantor dan rumah dinas setelah dilantik, Rabu (17/4/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya