SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), bersama Wakil Wali Kota Solo terpilih, Teguh Prakosa, saat geladi bersih pelantikan di Gedung DPRD Solo, Kamis (25/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 375 personel gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP, bakal diterjunkan mengamankan secara ketat jalannya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo pada Jumat (26/2/2021).

Jajaran Polresta Solo tetap menyebar tim penyidik kerumunan ke seluruh kecamatan Kota Solo meskipun pelantikan digelar secara daring.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, Kamis (25/2/2021), mengatakan seusai memperoleh pemberitahuan kepolisian langsung menindaklanjuti dengan menugaskan personel.

Baca Juga: 4 Tahun Single, Bupati Klaten Sri Mulyani Akhirnya Punya Pendamping

Ia menambahkan enam tim khusus pengurai kerumunan turut disebar di seluruh kecamatan menyisir seluruh wilayah mengantisipasi kerumunan atau konvoi massa selama pelantikan Wali Kota Solo.

“Tim yang bergerak juga kami siapkan. Sedangkan tim yang bersiaga di lokasi pelantikan memastikan tidak ada massa yang datang. Proses pelantikan itu informasinya terbatas,” paparnya.

Baca Juga: Mau Lapor SPT Tahunan Online? Ini Link Kantor KPP Pratama Wilayah Jateng II

Kapolresta memastikan konvoi sepeda motor tetap dilarang untuk menghindari kerumunan. Ia mengimbau massa pendukung tidak datang ke lokasi acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kantor DPRD Solo.

"Mari bersama-sama menjaga situasi Solo di tengah pandemi. Berbagai acara kerumunan dan konvoi jelas dilarang. Seluruh pihak juga telah sepakat menjaga situasi kemanan dan ketertiban Solo,” paparnya.

Baca Juga: Vaksinasi Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Akhir Pekan Ini Dibuka Wali Kota Baru

Kapolresta menambahkan telah berkoordinasi dengan pimpinan parpol pengusung dan pendukung Gibran-Teguh pada Pilkada 2020 agar tidak mengerahkan massa saat pelantikan. Ia meminta kalau mau merayakan cukup di rumah masing-masing.

Menurutnya, pengamanan secara personal Gibran Rakabuming Raka sebagai putra Presiden Joko Widodo tetap dilakukan Paspampres. Kepolisian bertugas mengamankan jalannya pelantikan dan situasi Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya