Pelantikan Pengurus Baru, Senkom Solo Wajib Deteksi Dini
Ketua Senkom Mitra Polri Solo, Kevin Fabiano, (dua dari kanan) saat mengikuti upacara pelantikan pengurus Senkom Kota Solo di Hotel Sahid Jaya pada Rabu (2/9/2020) pagi.(Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO--Pengurus Senkom Mitra Polri Kota Solo periode 2020-2025 dilantik di Hotel Sahid Jaya pada Rabu (2/9/2020) siang. Para pengurus memastikan netral dan siap menjaga Kota Solo tetap kondusif selama Pilkada Solo.

Ketua Senkom Solo, Kevin Fabiano, mengatakan baru pertama kalinya pelantikan ditingkat kota dihadiri oleh pejabat Polda Jateng yakni Ditbinmas Polda Jateng. Hal itu menunjukkan bentuk sinergitas antara kepolisian dan Senkom Mitra Polri.

"Giat selama pandemi dan jelang Pilkada kami siap menjaga kondusivitas. Rasa aman dan nyaman itu masyarakat yang menciptakan. Sehingga, informasi sebagai deteksi dini kepada kepolisian secara dini mungkin," papar Kevin.

Jepang dan Malaysia Tutup Pintu, Puluhan Pekerja Migran Wonogiri Terancam Nganggur

Sebagai mitra polri, tambahnya, berbagai informasi di masyarakat akan dikoordinasikan dengan kepolisian melalui Sat Binmas. Namun, terkait penindakan dan tindak lanjut diserahkan kepada kepolisian.

Ia menambahkan menjelang Pilkada, Senkom telah menghadiri berbagai undangan dari penyelenggara Pemilu. Ia memastikan tetap netral menyikapi Pilkada Solo itu.

Pilot Meninggal, Penyebab Pesawat T-50i Tergelincir di Lanud Iswahjudi Masih Misteri

Wadirbinmas Polda Jateng, AKBP Rondhijah, mengatakan kepolisian merasa terbantu dengan peran Senkom Mitra Polri di seluruh wilayah di Jawa Tengah. Ia meminta pengurus baru harus bergerak cepat dalam hal deteksi dini.

"Senkom ada beberapa bidang, setiap bidang berperan penting hingga ke sektor edukasi. Minimal, edukasi kepada keluarga terkait lalu lintas maupun keamanan," papar dia.

Ganjar Ingin Tambah Layanan Angkutan Aglomerasi di Jateng

Ia menambahkan dalam Pilkada Solo, Senkom turut berperan menciptakan situasi Kota Solo kondusif dan aman. Jika setiap persoalan diketahui secara dini, penyelesaian berupa musyawarah dapat langsung dilakukan.

"Bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas) sangat terbantu. Komunikasi intens kami terus terbangun," imbuh dia.

Ketua Senkom Jawa Tengah, H.M. Syahid mengatakan organisasi mitra Polri tersebut merupakan sukarelawan dalam bidang kebencanaan maupun selama pandemi ini. Juga turut bertugas dalam pemulasaraan jenazah covid.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom