SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI--Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, akan melantik 132 pejabat di lingkungan Pemkab Wonogiri, Kamis (10/10/2013). Di antara jumlah itu, ada tiga pejabat eselon II yang bakal dilantik.

Selain itu, ada pula 36 pejabat eselon III dan 93 eselon IV. Pelantikan pejabat pada Kamis tersebut istimewa karena Pemkab melakukan banyak perubahan sesuai struktur organisasi dan tata kelola (SOTK) baru. Selain itu, pelantikan itu juga menempatkan mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Endrijo Raharjo, sebagai salah satu pejabat yang bakal mendapat posisi baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati, saat dihubungi solopos.com, Rabu (9/10/2013), mengatakan dirinya dipastikan akan melantik pejabat pada Kamis sekitar pukul 06.30 WIB. Pelantikan ini, sesuai apa yang pernah disampaikan Danar, yakni untuk segera menerapkan SOTK baru. “Rencana Kamis. Yang dilantik lebih dari 100 orang,” terang Danar.

Kepala Badan Kepegawai Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti, merinci pelantikan yang melibatkan total 132 pejabat tersebut seperti biasa bakal dilakukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Menurutnya, ada tiga dinas/badan baru yang pejabatnya dilantik karena adanya penyesuaian SOTK baru. Seperti, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) yang mendapat tambahan bidang baru, yakni Bidang Perpajakan; Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) yang merupakan gabungan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dan Kantor Penanaman Modal (KPM); dan Satpol PP.

“Kepala Satpol PP dalam SOTK baru dijabat pegawai eselon II. Dalam struktur Satpol PP itu akan masuk bidang baru, yaitu Bidang Perlindungan Masyarakat atau Linmas yang sebelumnya bergabung dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik & Perlindungan Masyarakat [Kesbangpol & Linmas]. Pada SOTK baru ini, Kesbangpol jadi kantor,” imbuh Rumanti.

Selain tiga dinas/badan dengan pejabat setingkat eselon II itu, Bupati juga direncanakan melantik pejabat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Diharapkan dengan dilantiknya badan tersebut, penanganan persoalan bencana di Kabupaten Wonogiri dengan berjalan lebih optimal.

Sementara itu, disinggung mengenai nasib Endrijo, Rumanti mengatakan nama mantan Kepala Satpol PP itu masuk dalam daftar pejabat yang dilantik. Namun, Rumanti enggan menyebut jabatan anyar Endrijo. Dia hanya memastikan pelantikan terhadap mantan Camat Girimarto tersebut sekaligus memberi sanksi disiplin atas perbuatan yang telah dilakukan yang bersangkutan. “Lihat besok [Hari ini] saja. Yang jelas pasti sudah masuk soal sanksi pelanggaran disiplinnya,” ujar Rumanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya