SOLOPOS.COM - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (tengah) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kiri). (JIBI/Antara Foto/R. Rekotomo)

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2015 di Jateng akan digelar Rabu (17/2/2016) besok.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tak akan berdiam diri menyambut kehadiran pemimpin baru mereka periode 2016-2021. Seusai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih mereka, pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu (Hendi-Ita), dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, di Taman Simpanglima, Semarang, Rabu (17/2/2016) pagi, Pemkot Semarang akan langsung menggelar sederet acara seremoni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara seremoni untuk menyambut kedatangan Hendi-Ita ini akan langsung digelar sejak acara pelantikan di Simpanglima selesai. Rencana setelah acara, Hendi-Ita bersama Muspida dan Sekda akan diarak dengan menggunakan becak hias menuju Balai Kota Semarang.

“Acara ini dilakukan agar pasangan Hendi-Ita selama perjalanan bisa menyapa warga masyarakat Semarang. Namun, sampai di Tugu Muda, Pak Hendi akan turun dan lanjut naik sepeda onthel hingga Balai Kota,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang, Ahyani, saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (15/2/2016) malam WIB.

Ahyani menambahkan, selama naik sepeda onthel dari Tugu Muda hingga ke Balai Kota, Hendi akan diiringi oleh beberapa orang pengendar sepeda onthel dari komunitas SEC Semarang serta rombongan becak hias yang dinaiki Muspida dan Ita.

Ketika memasuki gerbang balai kota, Hendi dan Ita akan melakukan semacam seremoni seserahan pindahan adat jawa, yakni dengan menyerahkan beberapa barang seperti kloso bongkok, lampu teplok dan sapu kepada Sekda Pemkot Semarang, Adi Trihananto.

“Acara ini semacam ritual simbolis kulonuwun sebelum memasuki Balai Kota Semarang. Usai seserahan, seremoni acara dilanjutkan dengan pembasuhan tangan dengan air setaman yang dilakukan oleh Hendi dan Ita,” imbuh Ahyani.

Selama proses penyambutan Hendi-Ita ini, Jalan Pemuda akan diberlakukan satu arah mulai jam 11.00-12.00 WIB. Bagi warga yang ingin menghadiri acara ini, Pemkot Semarang pun telah menyiapkan area parkir di halaman Museum Mandala Bakti dan juga disediakan shuttle bus menuju Balai Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya