SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2015 akan dilantik pada 17 Februari mendatang.

Semarangpos.com, SEMARANG-Para kepala daerah yang baru terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 akan menjalani pendidikan dan latihan (diklat) di Lembaga Ketahanan Negara (Lemhanas).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan para kepala daerah perlu mendapatkan diklat di Lemhanas beberapa bulan agar nantinya dapat bekerja dengan baik dan tidak melakukan korupsi.

“Gubernur, bupati dan wali kota beserta wakilnya yang terpilih pada pilkada 2015 perlu di-Lemhanaskan. Pelaksanannya secara bertahap, bergiliran,” kata Mendagri pada seminar nasional Parlemen Modern yang digelar DPRD Jawa Tengah di Gedung Gradika Bhkati Praja, Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Kamis (11/2/2016).

Tidak hanya kepala daerah, imbuh Tjahjo, pihaknya juga akan memberikan diklat kepada para istri kepala daerah terpilih 2015 agar dapat mendukung kinerja suaminya.

“Kalau para istri tidak di Lemhanas, tapi diklat khusus selama tiga hari,” imbuhnya.

Mendagri lebih lanjut menyatakan pelantikan kepala daerah terpilih Pilkada 2015 akan dilaksanakan secara serentak pada 17 Februari 2016.

Pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota dilakukan secara bersama-sama oleh Gubernur di provinsi masing-masing.

“Ada 209 pasangan bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil walikota yang akan dilantik pada 17 Februari mendatang,” ujar politisi PDIP ini.

Sedangkan sisanya sebanyak 20 kepala daerah akan dilantik pada Maret 2016.

Tjahjo Kumolo menambahkan seusai pelantikan, para kepala daerah diundang ke Jakarta untuk mendapatkan pengarahan langsung dari Presiden, Wakil Presiden, Menteri Koordinator (Menko), Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK), Badan Intelijen Negara (BIN),  dan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pasangan kepala daerah hasil Pilkada 2015 di Jawa Tengah yang akan dilantik pada 17 Februari mendatang sebanyak 17 pasang.

”Sebenarnya pada Pilkada 2015 ada 21 kepala daerah terpilih, tapi yang empat kepala daerah pelantikannya dilakukan bulan Juni mendatang,” ungkap dia.

Empat kepala daerah itu, imbuh Sri Puryono masing-masing Sragen, Demak, Grobogan, dan Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya