SOLOPOS.COM - Calon bupati (cabup), Sri Hartini (paling kiri) dan calon wakil bupati (cawabup), Sri Mulyani (tengah) saat menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Soeradji Tirtonegoro Klaten, Kamis (30/7/2015). Di RS setempat, pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu menjalani general chek up. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Pelantikan kepala daerah terpilih digelar 17 Februari di Semarang.

Solopos.com, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan pesta rakyat guna menyambut pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021. Pesta rakyat tersebut dipusatkan di pendapa Pemkab Klaten, Kamis (18/2/2016).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Amin Mustofa, mengatakan anggaran yang disediakan untuk penyelenggaraan pesta rakyat senilai Rp70 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

“Semula, kami akan mengundang 2.000 orang. Dalam perkembangannya, ternyata membengkak menjadi 2.500 orang. Sehingga, kami harus menyiapkan anggaran hingga Rp70 juta. Tamu yang kami undang beragam, terdiri dari anggota musyawarah pimpinan kecamatan (muspika), anggota musyawarah pimpinan daerah (muspida), dan seluruh elemen warga di Klaten,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (15/2/2016).

Amin mengatakan menu yang akan disajikan dalam pesta rakyat merupakan sajian kuliner khas milik Kota Bersinar. Di antaranya sop Pak Min, soto, jenang, bakso, pecel ndeso, trancam, tengkleng, dan menu khas lainnya di Klaten.

“Penyajiannya nanti bersifat prasmanan. Namanya pesta rakyat, warga dipersilakan untuk mengambil menu sesuai keinginannya. Di samping menyiapkan menu makanan, kami juga menyiapkan acara hiburan, seperti seni karawitan dan organ tunggal. Semuanya berasal dari Klaten,” kata dia.

Pj. Bupati Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan siap menyerahkan tongkat kepemimpinannya yang memang bersifat sementara ke bupati terpilih, yakni Sri Hartini. Jaka Sawaldi mulai menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) sejak 2 Desember 2015 sebelum akhirnya ditunjuk sebagai seorang Pj. bupati.

“Mulai tanggal 17 Februari 2016 nanti kan sudah ada pimpinan definitif. Sehari setelah pelantikan di Semarang akan dilakukan acara serah terima di sini [Pemkab Klaten]. Nanti, juga akan ada pesta rakyat pada kesempatan itu. Saat ini sedang disiapkan semuanya,” kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten telah menetapkan Sri Hartini-Sri Mulyani sebagai pasangan terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2015 di Klaten.

Penetapan tersebut dituangkan dalam surat keputusan KPU bernomor: 50/Kpts/KPU-Kab/012.329461/2015 tentang Penetapan Pasangan Terpilih dalam Pilkada Klaten tertanggal 22 Desember 2015. Sri Hartini-Sri Mulyani mengalahkan dua pasangan lainnya, yakni One Krisnata-Sunarto dan Mustafid Fauzan-Sri Harmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya