SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok/JIBI)

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada serentak 2015 akan dilakukan di Jakarta untuk pasangan gubernur dan wagub terpilih.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melarang pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 membawa rombongan dalam jumlah besar saat dilantik di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tjahjo mengatakan tujuh gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik di Istana Negara, Jakarta, tidak perlu membawa rombongan dalam jumlah besar. Selain kapasitas yang terbatas, hal tersebut juga untuk efisiensi perjalanan dinas yang mereka lakukan.

“Jangan membawa rombongan banyak-banyak. Cukup gubernur berserta istri, wakil gubernur dan istrinya, sekretaris daerah, serta pimpinan DPRD,” kata Mendagri di Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Pelantikam tujuh gubernur dan wakilnya tersebut akan dilakukan besok pukul 14.00 WIB.

Adapun ketujuh gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik adalah Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rusdi Resnawan, Gubernur Jambi Zumi Zola, dan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Kemudian Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus.

Selanjutnya Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Basire, Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, dan Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Setelah pelangikan Gubernur, pelantikan bupati dan wali kota beserta para wakilnya akan dilakukan di ibu kota provinsi. Pelantikan tersebut akan dipimpin langsung oleh Gubernur atau Wakil Gubernur pada 17 Februari 2016.

Pemerintah pun berencana langsung mengundang para kepala daerah tersebut ke Istana Negara untuk mendapatkan pengarahan dari Presiden Jokowi dan sejumlah kementerian terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya