SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Selasa (12/8/2014), diwarnai aksi unjuk rasa dari pedagang asongan.

Mereka yang mengatasnamakan diri dari Asongan Jogja Bersatu (AJB) menuntut anggota dewan baru periode 2014-2019 untuk melindungi pedagang asongan.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Ada 42 pedagang asongan berpakaian seragam warna biru yang mendatangi gedung DPRD Jogja di Jalan Ipda Tut Harsono. Awalnya mereka melakukan orasi di depan gedung.

Namun saat akan membentangkan spanduk, mereka dihadang petugas keamanan DPRD Jogja. Mereka pun dipersilahkan untuk menyaksikan jalannya pelantikan melalui layar LCD di halaman gedung namun tidak membawa atribut demo.

Koordinator AJB Anto Yuniarto mengatakan, kedatangan mereka hanya untuk mengadukan nasib kepada wakil rakyat yang sudah mereka pilih. “Kami mohon DPRD baru bisa melindungi para pedagang asongan” kata dia.

Anto mengungkapkan, para pedagang asongan di sekitar Stasiun Lempuyangan kerap dimintai pajak liar yang jumlahnya mencapai Rp20.000 sehari. Selain itu diakui Anto pedagang asongan terkadang diliburkan mendadak dua pekan tanpa ada penjelasan dari petugas. “Kalau diliburkan kita kan tidak dapat penghasilan,” ucap Anto.

Sementara pelantikan 40 anggota DPRD Kota Jogja di ruang paripurna berjalan lancar. Pengambilan sumpah jabatan dipimpin Wakil Kepala Pengadilan Negeri Jogja Pontas Effendi.

Dalam Sidang Paripurna Istimewa tersebut  Ketua DPRD periode 2009-2014 Henry Kuncoroyekti menyerahkan palu pimpinan kepada Danang Rudiatmoko dan Ali Fahmi, selaku ketua dan wakil ketua DPRD sementara sampai terpilihnya ketua DPRD definitif.

Dengan demikian Danang memiliki kewenanga memimpin rapt-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib dan proses penetapan pimpinan DPRD definitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya