Pelantikan Bupati Sragen dan Demak, Ini Pesan Gubernur Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepala daerah yang baru dilantik dan lainnya untuk mewaspadai penularan virus Corona varian baru. Virus Coron dari India itu disebut sudah terdeteksi di Jateng.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Bupati dan Wakil Bupati Sragen dan Demak di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (24/5/2021). (Istimewa/Diskominfo Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Bupati dan Wakil Bupati Sragen dan Demak di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (24/5/2021). (Istimewa/Diskominfo Jateng)

Solopos.com, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta kepala daerah di wilayahnya untuk mewaspadai persebaran varian baru Covid-19, B1617.2. Hal itu disampaikan Ganjar saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Sragen dan Demak di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (24/5/2021).

Ganjar membenarkan jika varian baru virus Corona yang mewabah di India itu sudah masuk ke Jateng. Oleh karenanya, ia meminta kepala daerah untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 di daerah masing-masing.

"Ingat varian baru di Cilacap sudah muncul. Jangan sampai menyebar! Kita minta dilakukan pengetatan, termasuk penyelenggaran event. Kalau bisa dengan protokol kesehatan dan dikontrol, izinkan. Kalau enggak bisa ya bubarkan," ujar Ganjar.

Baca Juga: Ini Reaksi Partai Lain Lihat Ganjar Pranowo Tak Diundang Puan Maharani

Ganjar juga meminta kepala daerah untuk lebih memperbanyak tempat isolasi terpusat. Terutama di rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19.

"BOR [bed occupancy rate] disiapkan dengan rasio yang bagus. Tempat isolasi yang kemarin sudah ditutup, dibuka lagi. Kita juga harus antisipasi pasien yang isolasi mandiri," terang Ganjar.

Dari ABK

Varian baru Covid-19, B1617.2 masuk ke Jateng dibawa 13 anak buah kapal (ABK) asal Filipina yang turun di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, akhir April lalu.

Mereka langsung dirawat di RSUD Cilacap. Namun, sekitar 32 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Cilacap yang menangani para ABK justru terpapar Covid-19.
Ganjar mengaku penularan Covid-19 dari varian baru memang cukup berbahaya. Varian baru virus tersebut terbilang lebih mudah dan cepat menular.

Baca Juga: Dituding Kerap Pansos, Ganjar: Saya Sudah Bermedsos Sejak Jadi Anggota DPR

"Makanya, kita perlu berhati-hati. Nakes yang berinteraksi langsung dengan pasien bisa tertular. Kita juga berharap ada evaluasi bisnis dengan negara-negara yang memunculkan varian baru itu. Kalau bisa dihentikan, kalau enggak ya diperketat," jelas Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, membenarkan 32 nakes RSUD Cilacap yang menangani ABK kapal bermuatan gula rafinasi dari India itu terkonfirmasi Covid-19. Namun, ia belum bisa memastikan apakah para nakes tertular Covid-19 varian baru.

"Para nakes yang terpapar sudah dilakukan tes Genome Sequicing di laboratorium UGM untuk mengetahui apakah terpapar varian baru. Hasilnya baru keluar sekitar 1-2 hari lagi," ujar Yulianto.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kemenperin Minta Pabrik Rokok Segera Serap Tembakau Petani Temanggung

Petani tembakau di Temanggung telah mengalami panen raya, namun hasilnya belum terserap secara maksimal oleh pabrik.

Senggol Bodi Truk, Pengendara Motor di Grobogan Tewas

Seorang pengendara motor meninggal dunia setelah berupaya menyalip truk di depannya di jalan lingkar utara Grobogan.

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Masuk Mapolda Jateng Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi tidak hanya tamu namun juga seluruh anggota polisi yang masuk ke Mapolda Jateng.

Murah Meriah! Tiket Masuk Grand Canyon Versi Hitam di Pekalongan Cuma Rp5.000

Disebut sebagai Black Canyon dikarenakan tebing-tebing yang mengapit ini ini terdiri dari batu-batu berwarna hitam yang menjulang tinggi

Polda Gelar Operasi Patuh Candi 2021, Tapi Aparat Tidak Boleh Melakukan Razia

Kapolda Jateng memastukan Operasi Patuh Candi 2021 dilakukan secara humanis, tak ada penindakan.

Profil Yuliyanto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Inilah profil Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, yang berparas tampan dan dinilai mirip aktor Hong Kong.

Setahun Pandemi, Pelanggaran Lalin di Jateng Turun 87,7%

Kapolad Jateng menyebut angka pelanggaran lalu lintas selama masa pandemi Covid-19 menurun signifikan. Di sisi lain, Polda Jateng kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2021 hingga 30 Oktober 2021

Potret Megah Istana 81 Ha Milik Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang

Berikut ini terdapat potret megah istana yang dulunya seluas 81 ha milik Oei Tiong Ham di Semarang, konglomerat pertama Asia Tenggara.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Nikmatnya Glotak Tegal, Makanan Unik Khas Kota Bahari, Pernah Coba?

Glotak adalah salah satu kuliner khas Tegal yang dibuat dari gembus atau ampas kedelai yang dimasak dengan beragam bumbu pedas dan juga kaldu.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Kegiatan vaksinasi yang digagas DPC PDIP Grobogan dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan menyasar 1.000 warga.

Mesin ATM Bank Jateng di Kota Semarang Dibobol, Rp849 juta Raib

Peristiwa pembobolan ATM milik Bank Jateng terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Plalangan Gunungpati, Semarang.