SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sidang paripurna istimewa pelantikan anggota ke-50 DPRD Wonogiri, Bambang Mintarjo dari Partai Demokrat, Senin (28/6), berlangsung tanpa kehadiran Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi. Pada saat bersamaan, Begug harus mengikuti pemeriksaan kesehatan calon bupati dan wakil bupati di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso.

Pantauan Espos, hampir seluruh pimpinan dan anggota Dewan hadir dalam rapat paripurna istimewa tersebut. Termasuk para pejabat dari kalangan eksekutif dan pimpinan partai politik. Sedangkan Begug, meminta izin melalui surat dan mewakilkan ke Wakil Bupati, Y Sumarmo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara pelantikan berlangsung kurang dari satu jam dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Wonogiri, Wawan Setya Nugraha. Ditandai dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara, resmilah Bambang Mintarjo menjadi anggota Dewan, menggantikan calon terpilih dari Partai Demokrat, Lakgiyatmo yang terpaksa melepaskan haknya karena keanggotaannya di Partai Demokrat dicabut.

Ditemui seusai acara, Sekretaris DPRD (Sekwan) Wonogiri, Adhie Sutanto mengungkapkan, pascapelantikan tersebut, DPRD akan langsung menggelar rapat paripurna untuk menentukan posisi Bambang Mintarjo dalam komisi. “(Posisi keanggotannya dalam komisi) Akan ditentukan besok (hari ini) dalam rapat perdana setelah pelantikan. Kemungkinan Pak Bambang akan masuk ke Komisi A,” jelas Adhie.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Demokrat, Marhendi Indriatmoko, saat ditemui membenarkan pihaknya memang mengusulkan Bambang Mintarjo masuk Komisi A. Sebab, di komisi tersebut belum ada anggota dari Partai Demokrat. Selain itu, berdasarkan aturan yang ada, penempatan anggota pengganti ditentukan dengan melihat tempat yang kosong dan jumlahnya paling sedikit.

Mengenai ketidakhadiran Bupati dalam pelantikan tersebut, Marhendi mengatakan, sebenarnya sangat menyayangkan karena hal itu menunjukkan Bupati lebih mementingkan urusan politik dan kesiapan Pilkada ketimbang menjalankan tugasnya sebagai Bupati. Namun demikian, pihaknya bisa memaklumi hal tersebut.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya