SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Bambu Runcing Temanggung, Selasa (19/8/2014), melakukan unjuk rasa di depan Gedung Pendopo Pengayoman Temanggung tempat para anggota DPRD Temanggung masa bakti 2014-2019 mengucapkan sumpah/janji.

Pada unjuk rasa tersebut sempat diwarnai saling dorong antara mahasiswa dengan aparat kepolisian yang membentuk pagar betis di depan gapura masuk komplek Pendopo pengayoman.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Aksi dorong tersebut terjadi setelah para mahasiswa berusaha menerobos barikade polisi untuk menemui Ketua DPRD Kabupaten Temanggung guna menyampaikan aspirasi mereka.

Pada kesempatan tersebut polisi sempat mengeluarkan dua ekor anjing untuk memecah massa. Akhirnya para mahasiswa pun bersabar menunggu Ketua DPRD di depan gerbang hingga acara pengucapan sumpah/janji selesai.

Seusai pengucapan sumpah dan janji, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Temanggung Subchan Bazari menemui para pengunjuk rasa di depan gerbang Pendopo Pengayoman.

Seorang pengunjuk rasa, Abdul Rozak, mengatakan, kedatangan para mahasiswa ini sekadar untuk mengawal pelantikan DPRD agar ke depan anggota DPRD lebih meningkatkan kinerja.

“Kami melihat kinerja DPRD periode lalu kurang maksimal maka kami berharap anggota dewan ke depan meningkatkan kinerja dan kami menanyakan penggunaan anggaran sebanyak Rp120 juta untuk acara pengucapan sumpah/janji ini, apakah ini bukan pemborosan,” katanya.

Subchan Bazari menjelaskan, anggaran Rp120 juta untuk kegiatan ini sudah dihitung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung dan acara ini berlangsung secara sederhana.

“Saya kira dengan anggaran Rp120 juta ini wajar, apalagi tamu yang diundang 1.000 orang lebih termasuk para kepala desa dan lurah di Kabupaten Temanggung,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sementara menandatangani selembar kertas tentang tuntutan mahasiswa, antara lain berisi transparasi APBD Temanggung dengan bedah anggaran dan mahasiswa diikutsertakan dan peningkatan kinerja DPRD Kabupaten Temanggung dari periode sebelumnya.

Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Temanggung masa bakti 2014-2019 mengucapkan sumpah/janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Temanggung, Suparno.

Komposisi anggota DPRD Kabupaten Temanggung, 19 orang di antaranya merupakan muka baru dan 26 orang lainnya merupakan anggota DPRD periode 2009-2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya