SOLOPOS.COM - Piaggio MP3 Yourban. (Autoevolution.com)

Pelanggaran hak paten dilakukan oleh Yamaha dan Peugeot. Mereka melanggar paten desain skutik roda tiga Piaggio.

Solopos.com, MILAN – Produsen otomotif Italia, Peugeot, menggugat Yamaha dan Peugeot di pengadilan Milan, Italia. Gugatan itu didasari atas dugaan pelanggaran hak paten desain skuter matik (skutik) roda tiga.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Desain skutik roda tiga Yamaha Tricity dan Peugeot Metropolis dianggap oleh Piaggio telah menyalin desain skutik roda tiga besutannya yang telah dipatenkan, yakni Piaggio MP3.

Seperti dilansir laman Motorcycle, Senin (13/4/2015), gugatan Piaggio diajukan ke pengadilan Milan. Selain menuntuk karena desain yang mirip, perusahaan pemegang merek Vespa itu juga menuntut Yamaha dan Peugeot atas hak paten teknologi suspensi parallelogram.

Suspensi parallelogram merupakan suspensi otonom yang terpasang di masing-masing roda depan Piaggio MP3. Dengan suspensi itu, skutik roda tiga yang telah diluncurkan Piaggio sejak 2006 itu mampu digunakan untuk menikung hingga sudut kemiringan lebih dari 40 derajat.

Baru di tahun 2012, Peugeot memperkenalkan model Metropolis sementara Yamaha mulai membuat debut Tricity setahun kemudian. Dilaporkan, tuntutan kepada Peugeot telah ditunda sampai 16 Juni 2015 mendatang. Sedangkan tuntutan kepada Yamaha akan diadakan pada 24 Juli 2015.

Selain di Milan, Piaggio juga telah mengajukan gugatan serupa terhadap Peugeot di Paris, Prancis. Hal tersebut menjadi penting  bukan karena Peugeot adalah raksasa otomotif Prancis, melainkan karena Prancis adalah pasar terbersar untuk skutik roda tiga.

Sejak diluncurkan, Piaggio MP3 telah terjual lebih dari 70.000 unit di seluruh dunia. Di Indonesia, skutik roda tiga besutan Piaggio hadir dalam seri MP3 Yourban berkapasitas mesin 300 cc. Piaggio Indonesia menjual skutik berbentuk tak lazim itu seharga Rp200 jutaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya