Tutup Iklan

Pelanggar Lalu Lintas di Wonogiri Tak Diberi Tilang Saat Terjaring Operasi Patuh Candi, Ini Alasannya

Polres Wonogiri bakal menggelar Operasi Patuh Candi selama dua pekan di seluruh wilayah kerjanya, (20/9-3/10/2021). Operasi mengedepankan tindakan simpatik.

 Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di halaman Mapolres Wonogiri, Senin (20/9/2021). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di halaman Mapolres Wonogiri, Senin (20/9/2021). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com,WONOGIRI — Polres Wonogiri bakal menggelar Operasi Patuh Candi selama dua pekan di seluruh wilayah kerjanya, (20/9-3/10/2021). Operasi mengedepankan tindakan simpatik dan tidak memberi tilang kepada pengendara.

Pada Senin, (20/9/2021) pagi telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2021 di halaman Mapolres Wonogiri. Operasi serentak dilakukan di seluruh jajaran Polda Jateng.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, mengatakan Operasi Patuh Candi 2021 merupakan langkah untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib lalu lintas dalam rangka mencegah persebaran Covid-19.

Baca Juga: Atlet Judo Wonogiri yang Lolos ke PON Papua Ternyata Sempat Vakum 4 Tahun

“Operasi ini mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas [Kamseltibcarlantas] yang mantap di wilayah hukum Polres Wonogiri. Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas di tengah pendemi Covid-19,” kata dia, Senin.

Ia mengatakan, operasi kali ini diprioritaskan untuk kegiatan simpatik dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Kegiatan yang dijalankan berupa edukasi protokol kesehatan, penyaluran bantuan sosial dan tertib berlalu lintas.

“Laksanakan giat bakti sosIal kepada masyarakat dan giat pelayanan kepada masyarakat guna menciptakan rasa simpatik masyarakat kepada Polri,” ungkap dia.

Humanis

Dydit menjelaskan, dalam kegiatan operasi patuh saat ini tidak dilaksanakan razia kendaraan seperti tahun sebelumnya. Jajaran Polres Wonogiri mengutamakan tindakan simpatik dan bakti sosial untuk masyarakat.

“Dalam melaksankan tugas, kami perintahkan jajaran bertindak secara humanis. Utamakan sinergitas dengan instansi terkait dalam pelaksanan tugas. Laksanakan dengan tegas namun tetap humanis,” kata Dydit.

Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mengatakan kegiatan operasi patuh kali ini yang menjadi fokus sasaran yakni cegah Covid-19 dan tertib lalu lintas. Pelaksanaan dilakukan di seluruh wilayah Wonogiri, tidak hanya di kawasan perkotaan.

Baca juga: Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Ia mengatakan, kegiatan cega Covid-19 diantaranya pemakaian masker, vaksinasi, edukasi protokol kesehatan berupa pembagian masker, dan pemasangan stiker imbauan protokol kesehatan. Sedangkan kegiatan tertib lalu lintas diantaranya pemakaian helm, lawan arus, pemakaian sabuk pengaman dan kelengkapan surat.

“Tidak ada penilangan, full humanis. Jika ada pengendara yang melanggar lalu lintas diberhentikan, kemudian ditegur. Meski demikian kami imbau masyarakat untuk tetap taat dalam berlalu lintas,” kata Marwanto.


Berita Terkait

Berita Terkini

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menegaskan akan membubarkan massa yang nekat menggelar Reuni 212 Soloraya di Plaza Manahan maupun tempat terbuka lainnya.

Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

Polisi menduga pelaku pembuang bayi yang ditemukan meninggal dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, adalah warga sekitar.