Pelanggar Aturan Covid-19 di Arab Saudi Diancam Hukuman 3 Tahun

Arab Saudi mengancam warga dengan hukuman tidak bepergian selama tiga tahun jika berkunjung ke negara pemicu penularan Covid-19 tinggi.

 Suasana Al Balad, yang sering disebut sebagai Kota Tua Jeddah, Arab Saudi, Minggu (2/9/2018). (Antara)

SOLOPOS.COM - Suasana Al Balad, yang sering disebut sebagai Kota Tua Jeddah, Arab Saudi, Minggu (2/9/2018). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Arab Saudi mengancam warga dengan hukuman tidak bepergian selama tiga tahun apabila terbukti melanggar aturan larangan kunjungan ke negara dengan penularan virus corona pemicu Covid-19 tinggi, termasuk ke Indonesia.

Aturan itu dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi setelah sebelumnya mengumumkan daftar negara terlarang untuk dikunjungi. “Saudi telah dilarang bepergian ke Indonesia karena masalah virus Corona. Mereka yang saat ini berada di negara Asia telah diberitahu untuk berhati-hati dan menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi yang tinggi,” menurut pengumuman itu seperti dikutip Arabnews.com, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Ratusan Tenaga Kesehatan Australia Diisolasi, RS Sydney Kritis

Pihak berwenang juga telah melarang perjalanan, tanpa izin sebelumnya, ke dan dari Uni Emirat Arab, Ethiopia, dan Vietnam karena kekhawatiran tentang penyebaran varian yang lebih menular. Kerajaan Arab Saudi mengkonfirmasi 10 kematian baru terkait Covid-19 pada Selasa kemarin sehingga meningkatkan jumlah total kematian menjadi 8.189.

Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi 1.379 kasus baru yang dilaporkan dalam 24 jam sebelumnya, yang berarti 520.774 orang kini telah tertular penyakit tersebut. Dari total kasus tersebut, 11.136 masih aktif dan 1.419 dalam kondisi kritis.

Menurut Kementerian Kesehatan, jumlah kasus tertinggi tercatat di ibu kota Riyadh dengan 273, diikuti oleh Mekah dengan 242, Provinsi Timur dengan 224, Asir mencatat 154, dan Jazan mengkonfirmasi 117 kasus. Kementerian Kesehatan juga mengumumkan bahwa 1.021 pasien telah pulih dari Covid-19, sehingga jumlah total pemulihan di Kerajaan menjadi 501.449.

Pendaftaran Vaksinasi

Kementerian Kesehatan Arab Saudi memperbarui seruannya pada masyarakat untuk mendaftar untuk menerima vaksin. Warga juga didorong mematuhi langkah-langkah dan mematuhi instruksi terkait upaya pemangkasan penularan virus corona pemicu Covid-19.

Arab Saudi sejauh ini telah melakukan lebih dari 24,57 juta tes PCR dan 109.194 di antaranya dilakukan dalam 24 jam terakhir. Pusat pengujian dan pusat perawatan yang didirikan di seluruh negeri telah menangani ratusan ribu orang sejak wabah pandemi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Berita Terkini

Luhut Ingin Bagikan Uang Denda Rp100 Miliar dari Aktivis untuk Papua

Semestinya Luhut cukup menyampaikan klarifikasi atas penyampaian riset yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia.

Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Presiden Jokowi mengatakan fokus pemerintah dalam  penanganan pandemi Covid-19 yaitu  percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

3 Menteri Teken SKB, Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022

Muhadjir Effendy menuturkan penetapan libur nasional dan cuti bersama tetap berdasarkan perkembangan pandemi Covid-19.

Emerson Yuntho Keluhkan Pungli di Samsat, Mahfud Md: Konkret Saja, Sebut!

Menko Pohukam Mahfud Md minta Emerson Yuntho untuk menyebut nama samsat yang masih melakukan praktik pungli agar bisa ditindak.

Tahun Depan Tak Ada Lagi BST Rp300.000/Bulan Lur

Mensos Tri Rismaharini mengisyaratkan tak akan ada lagi bantuan sosial tunai (BST) pada tahun depan.

Posko PPKM Desa Kunci Pelihara Disiplin Prokes

Kesadaran memelihara disiplin protokol kesehatan perlu partisipasi masyarakat dan peran posko PPKM di desa/kelurahan. Penurunan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir diyakini sebagai hasil kerja kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai dari darurat hingga level 1-4.

Luhut Juga Gugat Haris Azhar dan Fatia Rp100 Miliar, Pengacara: Tidak Bermartabat!

Selain melaporkan ke polisi, Luhut Pandjaitan juga mengugat perdata Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti senilai Rp100 miliar.

Nyalakan Lampu, Kaki Remaja Ini Tiba-Tiba Sakit, Ternyata Ada Peluru Nancap

Seorang siswi SMK di Palangkaraya tertembak paha kanannya akibat peluru nyasar. Diduga ada oknum anggota kepolisian yang lalai sehingga menyebabkan remaja 16 tahun itu tertembak.

Diperiksa 10 Jam, Irjen Napoleon Langsung Diisolasi Penyidik Bareskrim

Irjen Napoleon Bonaparte diisolasi penyidik Bareskrim Polri setelah dituduh melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kece.

Laporkan Sendiri Haris Azhar dan Fatia, Luhut Datangi Polda Metro Jaya

Luhut Binsar Pandjaitan datang langsung ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan fitnah yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

KSP Moeldoko Tolak Pembubaran KASN, Ini Alasannya

Moeldoko mengatakan peran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) masih sangat dibutuhkan untuk fungsi pengawasan ASN.

90 Siswa SMPN Purbalingga Terpapar Covid-19, Kominfo Sebar SMS Peringatan

Kemenkominfo menyebarkan SMS berisi peringataan soal PTM tatap muka yang harus mengedepankan keselamatan siswa. Tanggung jawab ada di pihak sekolah dan orang tua.

Baru 3 Bulan Menjabat, Bupati Koltim Andi Merya Ditangkap KPK

Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya, ditangkap dalam OTT KPK. Diduga terkait penyelewengan dana bantuan BNPB.

Dubes RI Bahas Potensi Ekonomi Afghanistan di SDS IAI Tazkia

Kampus pendidikan keuangan syariah IAI Tazkia menggelar Agenda Grand Opening Student Dynamic Session (SDS) 2021/2022.

Round Up: Sengketa Lahan Warga vs Citraland Berujung Viralnya Surat Terbuka Brigjen Junior

Surat terbuka Brigen Junior Tumilaar kepada Kapolri yang meminta agar Babinsa di Manado tidak dipanggil polisi terkiat sengketa lahan warga dengan PT Ciputra Internasional menjadi masalah pelik.