SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pelanggan Indosat Berkomunikasi dengan Nyaman Selama Masa Mudik Lebaran 2015

Jakarta, 22 Juli 2015 – Indosat, anggota dari Grup Ooredoo, telah sukses melayani seluruh pelanggannya selama masa Mudik Lebaran 2015. Seluruh pelanggan dapat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman walaupun terjadi kenaikan trafik telekomunikasi. Hal ini berkat kesiapan seluruh Jaringan Selular Indosat, yang telah ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya, termasuk untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi seperti masa Mudik Lebaran saat ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kesiapan Jaringan Selular Indosat untuk masa Mudik Lebaran 2015 tidak terlepas dari Program Modernisasi Jaringan yang telah dilakukan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk kota-kota tujuan mudik baik di Jawa maupun Luar Jawa.

Khusus dari sisi kapasitas jaringan menghadapi Mudik Lebaran ini, kapasitas seluruh layanan selular baik suara (voice), SMS maupun data, ditingkatkan sesuai dengan prediksi dan potensi kenaikan yang akan terjadi. Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk layanan SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

”Kami berterima kasih atas kesetiaan pelanggan Indosat yang terus menggunakan layanan kami dan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman selama masa Mudik Lebaran 2015 ini. Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelanggan terbaik dalam menikmati layanan kami dalam situasi apapun, termasuk saat terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi Mudik Lebaran. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kesiapan jaringan kami, termasuk sebagai hasil dari program Modernisasi Jaringan kami di berbagai kota yang membuat komunikasi bersama Indosat menjadi semakin mudah, nyaman dan cepat,” demikian disampaikan Director & Chief Technology Officer Indosat, John Martin Thompson.

Peningkatkan Trafik Telekomunikasi hari H Lebaran 2015 dibanding dengan trafik reguler hari biasa

Trafik SMS di hari H meningkat menjadi sekitar 941.93 Juta SMS, atau naik 34.96% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94.60% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 92.67% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sumatera Utara (146.69%), Kalimantan (89.55%), dan Sumatera Selatan (86.17%).

Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 596.46 Terabyte/hari, atau naik 30.60%, dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Trafik Telekomunikasi hari H dibanding dengan hari H Lebaran Tahun Lalu (2014)

Apabila diperbandingkan dengan kondisi hari H Lebaran tahun 2014, maka trafik SMS hari H tahun 2015 naik 44.43% dibandingkan trafik SMS pada hari H tahun 2014. Dan trafik komunikasi data meningkat 232.36% dibanding trafik tahun lalu.

Monitoring Kondisi Jaringan oleh i-NOC

Keberhasilan Jaringan Indosat melayani pelanggan dengan baik selama masa Mudik Lebaran 2015 juga tidak terlepas dari pengoperasioan fasilitas baru dari indosat Network Operation Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional.

Peresmian fasilitas baru dari i-NOC ini pada 9 Juni 2015 lalu, juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman. i-NOC berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network dari 40.756 BTS Indosat di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu Indosat juga mengoperasikan Command Center, pemantauan kondisi jaringan khusus untuk masa Mudik Lebaran 2015 yang beroperasi dari H-3 s/d H+2 Lebaran. Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya