Pegawai mengecek data pelamar CPNS yang menyampaikan sanggahan di Graha Personalia BKD kompleks Setda Wonogiri, Selasa (17/12/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri mengumumkan ada 1.099 dari 11.679 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 yang tak memenuhi syarat (TMS) administrasi.

Penyebab berkas pelamar CPNS yang tak memenuhi syarat itu ada beberapa faktor, termasuk merekayasa data.

Kepala BKD Wonogiri, Haryono, saat ditemui Solopos.com di Graha Personalia BKD kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Selasa (17/12/2019), membeberkan ada sejumlah pelamar yang merekayasa data indeks prestasi kumulatif (IPK).

Sesuai ketentuan, syarat IPK yang ditetapkan minimal 2,5. Namun, pelamar memasukkan data IPK dalam aplikasi lebih dari 2,5. Setelah dicek ijazah asli yang diunggah, ternyata IPK pelamar bersangkutan kurang dari 2,5.

Pilkades Bermasalah, Kades Terpilih Ngabeyan Wonogiri Tetap Dilantik

Dia menduga hal itu dilakukan agar sistem aplikasi menerima pengisian data karena jika diisi sesuai jumlah IPK yang sesungguhnya, yakni kurang dari 2,5, sistem secara otomatis akan menolaknya.

Gagal Nyalip, Bus Sumber Selamat Nyungsep di Parit Saradan Madiun

“Yang seperti itu tak banyak, hanya beberapa. Mungkin pelamar berspekulasi juga. Mereka berharap panitia tak mengetahuinya sehingga bisa lolos. Kami mencermati dokumen setiap pelamar,” kata Haryono.

2 Orang Ditangkap Polisi Sukoharjo Karena Ajukan Pinjaman Pakai BPKB Palsu

Haryono mengungkapkan ada 26 pegawai yang memverifikasi dan lima pegawai lainnya bertugas mengecek ulang. Mereka bekerja 12-15 Desember lalu dari pukul 07.00 WIB-21.00 WIB.

Bikin Bangga! Sekolah Kapal Pesiar Blue Ocean Solo Raih Juara Tingkat Nasional

Penyebab lain berkas pelamar dinyatakan TMS karena lamaran yang diberikan tak sesuai ketentuan. Contohnya, lamaran ditujukan kepada Bupati Wonogiri, tetapi di dalamnya pelamar menyebutkan ingin melamar lowongan CPNS DKI Jakarta.

Habib Husein Alatas Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pencabulan, Begini Kronologinya

Hal itu terjadi kemungkinan karena lamaran hanya mengambil contoh lamaran milik pelamar lainnya. Ada pula pelamar yang pendidikannya tak sesuai syarat. Contohnya, lowongan yang dilamar mensyaratkan pendidikan D3 tetapi pelamar memberi ijazah S1.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

“Pelamar yang TMS berhak menyampaikan sanggahan [sejak Senin, 16/12/2019] hingga besok [Rabu, 18/12/2019]. Sampai hari ini [Selasa] pukul 10.20 WIB ada 367 pelamar TMS yang menyampaikan sanggahan. Mereka intinya mempertanyakan mengapa bisa TMS,” imbuh Haryono.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Di tempat yang sama, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur (PPIA) BKD Wonogiri, Wahyudi, menuturkan status TMS masih berpeluang menjadi memenuhi syarat (MS) apabila sanggahan yang disampaikannya pelamar sesuai fakta sehingga data menjadi sesuai ketentuan.

Ngaku Hamil, Mahasiswi UIN Makassar Dibunuh Pacar Pakai Bantal dan Pisau Dapur

Contohnya, pelamar sudah memasukkan data IPK 2,5 atau lebih sesuai syarat yang ditentukan. Tetapi, dinyatakan TMS karena panitia saat memverifikasi mengira IPK kurang dari 2,5.

Warga Klaten Ini Justru Lega Setelah Tak Lagi Jadi Penerima Bansos

BKD akan memberi jawaban atas sanggahan pelamar pada Kamis (26/12/2019) mendatang. Setelah finalisasi data rampung, pelamar yang MS wajib mencetak kartu seleksi kompetensi dasar (SKD).

Mulai 2020, RS Panti Waluyo Solo Tak Layani Pasien BPJS

Pemerintah pusat belum memberi petunjuk resmi ihwal kepastian jadwal SKD. Pemerintah hanya memberi jadwal tentatif SKD, yakni akan digelar antara 27 Januari-28 Februari 2020.

Spesifikasi Gahar Asus ROG Phone II, Smartphone Gaming Terkuat di Dunia

Lokasi SKD untuk Wonogiri dijadwalkan di Kantor Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kemendikbud di Gondangrejo, Karanganyar.

Ada Bakul Hik Cantik di Klaten, Bikin Betah Wedangan

Selain itu Wonogiri, SKD bagi pelamar CPNS Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten juga bakal digelar di tempat yang sama. Pelaksanaannya dibuat bergiliran sesuai jadwal.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten