SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). (Antara-Umarul Faruq)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Sukoharjo hingga Minggu (24/11/2019) telah mencapai 9.136 orang. Masa pendaftaran CPNS seharusnya ditutup Minggu namun diperpanjang hingga Senin (25/11/2019).

Perpanjangan waktu tersebut menyesuaikan aturan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) ihwal masa pendaftaran berlangsung 14 hari sejak diumumkan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo yang juga anggota panitia rekrutmen CPNS Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, mengatakan jumlah pelamar diperkirakan bakal terus bertambah hingga penutupan pendaftaran pada Senin (25/11/2019).

Pemuda Wonogiri Minta Jatah Seks kepada Kekasih di Malang dengan Ancaman Ini

"Pendaftaran akan ditutup pada Senin tanggal 25 November pukul 23.59 WIB," jelas Fajar, Minggu.

Fajar mengatakan masa pendaftaran CPNS Sukoharjo diperpanjang sehari dari jadwal yang ditetapkan pemerintah pusat. Sesuai jadwal, pemerintah pusat menetapkan pendaftaran CPNS ditutup pada 24 November.

Batas waktu penutupan pendaftaran tersebut terhitung 14 hari sejak diumumkan pada 11 November lalu. Pemkab Sukoharjo baru mengumumkan pendaftaran rekrutmen CPNS pada 12 November atau sehari setelah pemerintah pusat.

"Jadi jika dihitung 14 hari sejak diumumkan, masa pendaftaran di Sukoharjo berakhir 25 November atau sehari setelah jadwal pusat," katanya.

Solo Undercover: Kisah Esha Jadi Simpanan Om-Om Part 3, Berasa Jadi Ratu

Dia tak memungkiri antusiasme masyarakat melamar sebagai calon abdi negara di Sukoharjo sangat tinggi. Berdasarkan pemantauan melalui website https://sscasn.bkn.go.id, hingga Minggu tercatat ada 9.136 orang yang mengisi formulir.

Sedangkan yang melakukan submit dan menyerahkan berkas jumlahnya mencapai 7.082 orang. Jumlah ini melebihi peserta rekrutmen CPNS tahun lalu yang mencapai 5.000 orang.

Fajar memperkirakan jumlah pelamar terus meningkat karena masa pendaftaran masih menyisakan sehari lagi. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, para pelamar cenderung memilih hari terakhir untuk mendaftar.

Kabar Duka: Ikon Kuliner Solo Pak Manto Sate Kambing Meninggal Dunia

"Meski jumlah pelamar cukup banyak, masih ada lowongan yang tidak ada peminatnya. Terakhir datanya saya lihat untuk lowongan dokter spesialis urologi belum ada pelamarnya. Namun data pastinya besok [Senin]," katanya.

Ihwal tingginya minat pelamar CPNS, Fajar mengakui bakal berdampak pada sarana dan prasarana yang harus disiapkan daerah dalam pelaksanaan ujian seleksi. Salah satunya komputer yang akan digunakan.

Sedangkan untuk lokasi ujian, dia mengatakan belum ada perubahan yakni di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Kisah Warga Solo Punya Kendaraan Tanpa Garasi

Tahun ini, Pemkab Sukoharjo membuka 424 lowongan CPNS yang terbagi untuk formasi guru 159 lowongan, tenaga kesehatan 149 lowongan, dan tenaga teknis lainnya 116 lowongan.

"Pengumuman lolos tidaknya secara administrasi akan diumumkan Desember," katanya.

Para pelamar diminta aktif memantau laman Pemkab Sukoharjo melalui website www.sukoharjokab.go.id ataupun sscasn.bkn.go.id dalam pengumuman terkait rekrutmen CPNS.

Pidato Menyentuh Nadiem Makarim ke Guru: Anda Tahu Kesuksesan Bukan Ditentukan Hafalan

Salah satu pelamar, A. Fatoni mengaku sempat kesulitan mengakses website sscasn.bkn.go.id di hari terakhir penutupan pendaftaran CPNS. "Servernya beberapa kali down, mungkin banyak yang mengakses di hari terakhir," katanya.

Dia mengaku mendaftar di hari terakhir lantaran harus melengkapi berkas persyaratan pendaftaran yang dinilai berbeda dibanding tahun lalu. Salah satunya persyaratan mengenai akreditasi universitas dan fakultas.

"Tahun lalu tidak ada syarat melampirkan berkas persyaratan itu [akreditasi kampus dan fakultas]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya