Pelaku Vandalisme di Kota Solo Diburu Polisi, Tapi Tak Akan Dihukum

Aparat Polresta Solo memburu pelaku vandalisme, tetapi bukan untuk dihukum, melainkan untuk diberi edukasi.

 Coretan vandalisme di salah satu sudut Kota Solo yang isinya menyindir pemerintah. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Coretan vandalisme di salah satu sudut Kota Solo yang isinya menyindir pemerintah. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo berupaya mencari pelaku vandalisme berisi kritikan kepada pemerintah di Jl. Kusumoyudan belakangan ini. Pelaku tidak diproses hukum melainkan menjalani pembinaan dan edukasi agar menyuarakan pendapat di tempatnya.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, Kamis (26/8/2021) mengatakan ada aturan-aturan dan regulasi mengeluarkan pendapat di muka umum. Sehingga pendapat dapat disampaikan dengan etika dan aturan bukan dengan corat-coret di sembarang tempat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Upaya penyelidikan akan dilakukan, tapi akan edukasi. Tidak semuanya dengan penegakkan hukum. Kami akan edukasi,” papar dia.

Ia mempersilakan siapa saja untuk mengemukakan pendapat namun dengan sesuai peraturan dan perundangan-undangan. Vandalisme melanggar aturan ketertiban umum.

Baca juga: Arisan Online di Boyolali Makan Korban, Total Kerugian Capai Rp2 Miliar

Sementara itu, saat ini vandalisme di kawasan Kusumoyudan sudah dihapus oleh petugas. Hal itu berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Solo No. 10/2015.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Arif Darmawan, menyebut mayoritas pelaku vandalisme merupakan anak bawah umur sehingga penindakannya berupa pembinaan dengan orang tua.

Pihaknya telah menginventaris vandalisme di kawasan itu termasuk keseluruhan di Kota Solo. Ia mengonfirmasi hal ini baru pertama kali terjadi di Solo. Vandalisme itu terindikasi ada pihak-pihak yang tidak puas dengan pelaksanaan PPKM Level IV.

Baca juga: Jadi Sasaran Vandalisme, Baliho Puan di Solo Langsung Diganti Baru

Sebelumnya, kasus vandalisme turut menyasar fasilitas umum lain seperti beberapa waktu lalu di Flyover Purwosari. Vandalisme di Flyover Purwosari hanya sesaat setelah flyover baru digunakan.

Di luar pandemi Satpol PP Solo memiliki program Satpol PP Peduli Pendidikan. Petugas menyosialisasikan pendidikan kepada pelajar tentang kenakalan remaja hingga penyalahgunaan narkotika. Namun, selama pandemi sosialisasi berjalan dengan sistem online.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Unik dan Lezat, Yuk Cicipi Keripik Pisang Batik dari Sragen

      Keripik pisang menjadi salah satu pilihan camilan hingga oleh-oleh bagi kebanyakan orang. Namun berbeda dengan keripik pisang batik bergelembung dari Sragen ini. 

      Ikut Seminar, Guru Swasta Boyolali Curhat Masih Kebingungan Soal IKM

      Sebanyak 23 guru kurikulim dari sejumlah sekolah swasta di Boyolali mengikuti seminar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Karya Nugraha, Sabtu (13/8/2022).

      Sempat Tertunda Hujan, Konser Padi Reborn Sihir Penonton di Wonogiri

      Padi Reborn sukses menyihir ribuan penonton di Alun-alun Wonogiri, Sabtu (13/8/2012) malam memeriahkan Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Cuaca Sukoharjo Minggu Ini: Sore Cerah Berawan, Malam Hujan Ringan

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Minggu (14/8/2022).

      Duh! Cuaca Boyolali Hujan Lebat Lagi, Tunda Piknik Dulu Hari Ini

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Minggu (14/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Minggu Ini: Siang Cerah, Malam Gerimis

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Minggu 14 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Mau Jalan-Jalan, Prakiraan Cuaca Solo Minggu 14 Agustus Malah Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada siang hingga sore hari ini, Minggu (14/8/2022), akan hujan dengan intensitas ringan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Minggu Ini: Siang Berawan, Sore Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Minggu 14 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 14 Agustus 2022, Tak Bersahabat

      Prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (14/8/2022), akan berawan di pagi hari, siang cerah berawan, sore hingga malam hujan.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 14 Agustus 2022, Siapkan Jas Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Minggu (14/8/2022), akan terasa kurang bersahabat, dari cerah berawan mendadak hujan.

      Rayakan HUT RI, Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Gelar Olahraga Militer

      Batalyon 22 Grup-2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, menggelar acara Pekan Juang’45 Manggala Yudha untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

      Anggota 900-an, Partai Buruh Janji Perjuangkan Upah Layak di Sukoharjo

      Partai Buruh Sukoharjo berjanji akan memperjuangkan hak-hak buruh termasuk upah layak pekerja di Kabupaten Sukoharjo.

      Ajukan Rp50 Juta, SMA di Wonogiri Terima Dana Bantuan Masjid Rp60 juta

      SMAN 1 Wuryantoro dan SMAN 1 Manyaran Wonogiri menerima dana bantuan dari unit pengumpul zakat (UPZ) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Disdikbud Prov Jateng) untuk renovasi masjid sekolah.

      Hore! Wonogiri Segera Punya Mal Pelayanan Publik

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meresmikan pembangunan mal pelayanan publik (MPP) Wonogiri yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo,  Sabtu (13/8/2022).

      Petani Tembakau Berburu Lahan Kosong di Pusat Kota Boyolali, Ada Apa?

      Petani tembakau yang tinggal di lereng Merapi mulai turun ke wilayah pusat Kota Boyolali berburu lahan kosong untuk mengeringkan irisan tembakau saat musim panen tiba, Sabtu (13/8/2022).

      Kisah Karso Djukut, Jualan dengan Pikulan hingga jadi Angkringan

      Sejarah angkringan di Klaten yang diawali dengan pikulan tumbu pada 1940 oleh Karso Djukut dari Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.