Pelaku Usaha Gentungan Mojogedang Karanganyar Didorong Punya SPP-PIRT

Pelaku usaha makanan di Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar, diupayakan mendapat Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT).

 Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau aktivitas pedagang di Pasar Ciplukan di Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau aktivitas pedagang di Pasar Ciplukan di Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pelaku usaha makanan di Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar, diupayakan mendapat Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT). Selain itu, mereka juga didorong agar melek pemasaran online. Upaya ini salah satunya dilakukan melalui pelatihan UMKM yang diselenggarakan selama dua hari, Rabu-Kamis (8-9/12/2021) di desa setempat.

Ketua Forum Keserasian Sosial Selaras, Mulyono, sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan salah satu potensi desa tersebut adalah produksi makanan yang mereka pasarkan di Pasar Ciplukan dan tempat lain di desa tersebut. Namun selama ini proses produksi makanan tersebut masih dilakukan ala kadarnya.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Baca Juga: Menarik, Belanja Bisa Lanjut Wisata Tubbing dan Petik Buah di Pasar Ciplukan Karanganyar

“Potensi Desa Gentungan yang merupakan desa wisata ini salah satu unggulannya adalah Pasar Ciplukan. Pasar ini adalah pasar makanan jadul yang buka setiap Minggu dan sudah berjalan 1,5 tahun. Pasar ini makin lama makin terkenal, lalu banyak yang tanya cara masak, bagaimana kesehatannya, bagaimana penggunaan airnya, cara penyimpanan, bahan baku, dan sebagainya,” ujarnya, Jumat (10/12/2021).

Untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha makanan tersebut, pihaknya mengadakan pelatihan keamanan dan kesehatan pangan selama dua hari sejak Rabu-Kamis (8-9/12/2021). Kegiatan ini diikuti 80 pelaku usaha makanan.

Materinya, lanjut Mulyono berkaitan dengan keamanan dan kesehatan pangan yang output-nya adalah cara mendapat SPP-PIRT. Materi lainnya adalah pemasaran online yang bertujuan membuka pasar lebih luas kepada khalayak.

Baca Juga: Intip Keunikan Pasar Jadul Ciplukan Karanganyar, Pakai Ketip Buat Transaksi Jual Beli

“Pesertanya ada yang dari Pasar Ciplukan dan juga warga yang sudah punya usaha. Pelatihan ini lebih kepada penambahan kapasitas,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pelatihan ini didanai dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang merupakan aspirasi dari anggota Komisi VIII DPR, Endang Maria Astuti, asal Fraksi Partai Golkar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Berita Terkini

Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

Kabar tentang Kota Solo menjadi salah satu lokasi yang wajib menerapkan pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina beredar di grup WhatsApp ternyata hoaks.

Hamil, Siapa Ayah Bayi Remaja Wonogiri yang Hilang Setahun Lalu?

Ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu masih menjadi misteri.

Hendak Jemput Bos ke Tawangmangu, Mobil Suzuki Xover Nyungsep di Parit

Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di jalan menikung dan menanjak Jl Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Keprabon, Desa Karangpandan, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar pada Kamis (30/6/2022).

4.310 Rumah di Wonogiri Belum Punya Instalasi Listrik Sendiri, Gantol?

Sebanyak 4.310 rumah di Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah belum memiliki instalasi listrik sendiri sehingga masih menumpang ke rumah tetangga.

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.