SOLOPOS.COM - Kondisi makam Joyo Panambang dan Mbah Jonambang, di Desa Watuagung, Kecamatan Baturerno, Wonogiri setelah direnovasi kembali. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI -- Pihak yang merenovasi makam Joyo Panambang atau Mbah Jonambang di Desa Watuagung, Kecamatan Baturetno, Wonogiri tidak mampu mengembalikan makam seperti wujud aslinya.

Bahkan, pihak yang merenovasi, Suprapto dan beberapa temannya justru pergi dari lokasi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masih ada Rp402,6 Triliun Investasi Masuk Indonesia di Tengah Pandemi, Ini Perinciannya

Camat Baturetno, Eko Nur Haryanto, mengatakan, meski sudah ada upaya mengembalikan makam seperti bentuk semula, tetapi bentuk makam belum sempurna.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan kesepakatan dengan tokoh masyarakat, pemerhati budaya dan forkompincam, pada 10 Juli 2020 lalu, Suprapto bersedia mengembalikan wujud makam seperti sedia kala.

Suprapto menyanggupi wujud makam Mbah Jonambang Wonogiri yang dipasang terbalik akan dikembalikan. Tiga makam kecil di sekitar makam Mbah Jonambang juga akan diberi nisan. Selain itu talud di sekitar makam juga akan ditambah.

Naik Bus Wonogiri-Jakarta Tak Perlu Surat Keterangan Sehat, Ikuti Tips Ini agar Aman dari Covid-19

Namun, belum kelar memperbaiki, Suprapto dan kawannya pergi dari tempat tersebut pada 14 Juli 2020 lalu.

"Mungkin waktu yang kami berikan singkat dan terus dikejar warga, membuat mereka bingung dan tidak sanggup mengembalikan secara sempurna," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (22/7/2020).

Menurut Eko, istri Suprapto sempat pamit dirinya lewat telfon. Ia akan pergi karena menunggu orang tuanya sakit.

Mundur Dari Jabatan Sekda Sukoharjo, Agus Santosa Ingin Penggantinya Bukan Pejabat Impor

Eko menghubungi Suprapto kembali pada Selasa (21/7/2020), untuk diajak rapat membahas solusi pengembalian wujud makam seperti aslinya. Tetapi Suprapto tidak bisa menyanggupi karena alasan keluar kota yang tidak bisa dikendalikan.

"Kami, warga dan para tokoh akhirnya menerima keadaan ini. Selanjutnya kami berencana untuk melakukan kerja bakti agar wujud makam bisa kembali seperti sedia kala," kata Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya