Pelaku Perjalanan Dari Luar Soloraya Masuk Sragen Wajib Bawa Kartu Vaksin

Pemkab Sragen mensyaratkan pelaku perjalanan yang masuk kabupaten tersebut harus membawa kartu vaksin dan hasil tes swab PCR atau antigen.

 Ilustrasi pemeriksaan berkas syarat perjalanan di pos penyekatan Covid-19. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan berkas syarat perjalanan di pos penyekatan Covid-19. (Bisnis)

Solopos.com, SRAGEN — Warga dan pelaku perjalanan dari luar wilayah aglomerasi Soloraya yang masuk Sragen wajib membawa kartu vaksin atau hasil swab PCR pada H-2 (penumpang pesawat) serta hasil swab antigen pada H-1

Hal itu berlaku baik pelaku perjalanan pakai mobil pribadi, sepeda motor, atau transportasi umum. Aparat Polres Sragen akan ketat memeriksa di daerah perbatasan Sragen, terutama pada akhir perkan.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati No 360/336/038/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 Kabupaten Sragen. Instruksi itu dikeluarkan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Jadi PNS Pertama Di Sragen Yang Donorkan Plasma Konvalesen, Ini Kata Cosmas Edwi

Bupati menyebut adanya ketentuan bagi pelaku perjalanan domestik dari dan menuju Sragen, baik pakai mobil pribadi, motor, dan alat transportasi umum jarak jauh. Ada dua syarat yang harus dipenuhi pelaku perjalanan di luar wilayah aglomerasi Soloraya yang boleh masuk Sragen.

Syarat tersebut yakni membawa kartu vakin dan membawa dokumen hasil swab baik PCR atau Antigen. Ketentuan itu tidak berlaku bagi pelaku perjalanan dari wilayah aglomerasi Soloraya.

Baca Juga: Salut! Puluhan Karyawan Perusahaan Di Sragen Ini Rela Gajinya Dipotong 10% Untuk Bantu Warga Isoman

Khusus untuk kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan kepemilikan kartu vaksin. Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi menyampaikan aparat kepolisian akan melakukan penyekatan di daerah perbatasan.

Hal itu untuk penegakan Inbup tersebut di daerah perbatasan yang salah satunya terkait syarat bagi pelaku perjalanan dari luar Soloraya yang masuk Sragen. Ia mengatakan penyekatan akan dilakukan pada akhir pekan dan menjelang hari besar.

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, Kades Jenar Sragen Malah Ditunjuk Jadi Duta Vaksin, Ini Tugasnya!

“Kami akan lakukan pemeriksaan di cek point, yakni pintu tol Pungkruk, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur di Sambungmacan, dan perbatasan Sragen-Grobogan di Sumberlawang,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pengumuman! Keraton Solo Kembali Tiadakan Gerebeg Maulud, Ini Alasannya

Keraton Solo tahun 2021 ini kembali meniadakan acara Grebeg Maulud untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pamit ke Sawah, Nenek-nenek di Sragen Tersambar Kereta Api

Nenek dari Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Hartini, 69, ditemukan meninggal diduga tersambar KA saat pergi ke sawah pada Senin (18/10/2021).

Muncul Klaster PTM di Solo, Ini Tanggapan Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) di Solo tak terganggu dengan kasus Covid-19 di sejumlah sekolah.

Puting Beliung Terjang Gantiwarno, 5 Rumah Rusak

Sebanyak 5 rumah di Dukuh Sangiran, Desa Katekan, Kecamatan Gantiwarno rusak setelah diterjang puting beliung, Senin (18/10/2021) pukul 16.00 WIB.

Klaster PTM Solo Berkembang ke 5 SD, 47 Warga Sekolah Positif Covid-19

Sedikitnya 47 siswa dan pengajar SD di Kota Solo terpapar Covid-19 dalam masa pembelajaran tatap muka (PTM).

4 Peserta CPNS Sukoharjo Diundang Ujian Susulan, Ini Penyebabnya

Sebanyak empat orang peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sukoharjo diundang untuk mengikuti ujian susulan pada Rabu (20/10/2021) dan Minggu (31/10/2021).

Perlintasan KA Bedowo Sudah Berpintu Palang, Tapi Tak Ada yang Jaga

PT KAI telah memasang pintu palang di perlintasan KA Bedowo, Sragen. Sayangnya, pintu palang itu tak berfungsi lantaran tak ada petugas yang mengoperasikannya.

2022, Pemkab Karanganyar Usul Tambah 718.000 Tabung Melon

Kabupaten Karanganyar mengusulkan tambahan 718.000 tabung elpiji bersubsidi pada 2022.

Jatuh Bangun Menjaga Nyala Para Pendamping ADS

Pandemi Covid-19 berdampak buruk pada perkembangan ADS, para orangtua pendamping harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga anak-anak mereka di tengah minimnya layanan fisioterapi.

Siapkan Hadiah Untuk Atlet, Dispora Sukoharjo Rahasiakan Wujudnya

Dispora Sukoharjo merahasiakan hadiah bagi atlet asal Sukoharjo yang berprestasi di PON XX Papua.

Sudah 20 Kali Naik Haji, Ini Komentar Pimpinan KBIH Solo soal Dana Haji

Dari pengawasan yang dilakukan DPR, dapat dipastikan tidak terdapat penggunaan dana haji untuk membiayai proyek infrastruktur pemerintah.

Asosisasi Penghulu Sragen Bicara Keabsahan Nikah Siri, Kesimpulannya?

Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Sragen mengatakan lembaga pemerintah tidak bisa menerbitkan atau menyimpulkan pernikahan siri.

Muncul Klaster PTM di 4 SD di Solo, PTM di Sekolah Lain Jalan Terus

Muncul klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di empat SD di Kota Solo. Pemkot Solo memastikan PTM di sekolah lain akan terus berjalan.

Kejayaan Kol Kuning di Era 90-an, Warga Klaten Rindu Bergelantungan

Warga Klaten berharap kol kuning yang menjadi transportasi umum primadona di Kabupaten Bersinar era 1990-an hingga 2000-an dihidupkan lagi dengan wajah baru.

Sopir Kelelahan, Ertiga Nyungsep Perkebunan Tawangmangu

Supir Suzuki Ertiga lebih dulu mengantuk dan mengalai kecelakaan di Tawangmangu sebelum dapat tempat yang nyaman untuk istirahat.