SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Warga Nigeria, Umar Farouk Abdulmutallab (23) ditangkap atas percobaan pengeboman di atas Pesawat Delta Airlines. Kepada penyidik AS, Abdullmutallad mengatakan bahwa dirinya disuplai peralatan bahan peledak dan dilatih oleh mata-mata Al Qaeda.

Seperti dilansir AFP, Senin (28/12), Abdulmuttalab mencoba meledakkan pesawat yang mengarah dari Amsterdam ke Detroit itu dengan sebuah detonator kecil. Di dalam pesawat tersebut berisikan penumpang sekitar 300 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peristiwa tersebut memberikan kesan buruknya pengamanan airport akan aksi terorisme. Tersangka sendiri adalah anak hartawan yang tengah belajar di London University.

Media AS mengutip, Abdulmuttalab mengaku bahwa dalam penjagaan dirinya telah mencampurkan semprotan yang berisi bahan kimia dengan bubuk yang dilakban pada kakinya. Saat itu, dia mencoba meledakkan maskapai penerbangan Northwest Airlines.

Petugas pelaksana hukum lain mengatakan tersangka mengakui telah dilatih oleh mata-mata Al Qaeda dan diberikan pelatihan oleh pelatihan bagaimana cara meledakkan bom tersebut. “Tuduhan penyerangan di atas pesawat AS pada saat Natal menunjukkan bahwa kita harus waspada dalam aksi terorisme setiap saat,” kata jaksa penuntut umum, Eric Holder.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya