SOLOPOS.COM - Empat kawanan pelaku klitih genk Klaten dikeler di Mapolres Karanganyar pada Rabu (31/5/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sekawanan pelaku klitih asal Kabupaten Klaten berhasil dibekuk aparat Polres Karanganyar. Kawanan yang terdiri atas empat orang itu sempat beraksi di jalan Raya Solo-Sragen, tepatnya didekat Alfamidi Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar.

Tiga di antaranya berstatus pelajar dan seorang lainnya adalah mahasiwa. Aksi mereka sempat terekam kamera CCTV di lokasi. Bahkan video tersebut viral di media sosial.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kini kempat pelaku mendekam di tahanan Mapolres Karanganyar. Mereka adalah Gorky Chikara Levi alias Gorky, warga Jogosetran, Kecamatan Kalikotes; Wildan Pandu Pradana alias Panjul, warga Belang Wetan, Klaten Utara; Aldebaran Putra Nugroho, warga Perumahan Taman Anggrek Jebugan, Klaten Utara; dan Adhetyas Ardheta Ardhana Saputra alias Dana warga Jebugan Baru, Klaten Utara.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti (BB) satu bilah pedang, satu bilah pedang berbentuk gerigi, sepeda motor Kawasaki KLX  hijau hitam tanpa nomor polisi, sepeda motor Honda CRF warna hitam merah, dan motor Yamaha NMAX hitam dengan nopol AD5837JL.

Klitih asal Klaten di Karanganyar
Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy (tengah) didampingi Wakapolres Kompol Purbo Adjar Waskito dan Kasatreskim AKP Setiyanto menunjukkan barang bukti dalam kasus penganiyaan di Mapolres Karanganyar pada Rabu (31/5/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy, mengatakan aksi klitih ini terjadi pada Minggu (21/5/2023) pukul 04.00 WIB. Korbannya adalah Bima Aditya Candra, 23, warga Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo.

Kronologi kejadian, saat itu korban bersama tujuh rekannya pergi ke warung angkringan sebelah barat SPBU Palur, Mojolaban sekitar pukul 01.00 WIB. Lalu sekitar pukul 04.00 WIB, mereka pulang melalui ring road. Di tengah jalan, tepatnya di simpang tiga Gudang Garam, korban bertemu dengan rombongan pengendara motor lain yang berjumlah 15 orang. Mereka mengendarai 10 sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan.

“Saat melintas dipersimpangan Gudang Garam itu rombongan pelaku meneriaki ‘woi mandek’ sambil putar balik ke arah rombongan korban,” kata Kapolres dalam gelar perkara di Mapolres, Rabu (31/5/2023).

Korban Dipepet dan Ditendang

Korban dan teman-temannya ketakutan hingga kabur menyelamatkan diri. Ketika korban berusaha kabur mengendarai sepeda motor, salah satu pelaku pengendara sepeda motor Yamaha NMax memepetnya. Tak cukup itu, pelaku juga menendang paha bagian kanan korban menggunakan kaki sebelah kiri. Beruntung saat itu korban tidak terjatuh. Hingga sampai di lokasi kejadian, pelaku lain yang menggunakan sepeda motor Honda CRF memepet korban dan menendang di bagian pinggang sebelah kanan.

“Korban terjatuh. Di saat korban masih terkapar jatuh ini langsung dikerumuni tiga pelaku kemudian dilakukan penganiayaan dengan dipukuli dan dianiaya menggunakan pedang,” katanya.

Korban yang tak berdaya saat itu mencoba meminta pertolongan orang lain sembari melindungi bagian kepala menggunakan kedua tangannya. Korban berhasil berdiri dan berlari dari lokasi kejadian ke arah Alfamidi Ngringo. Di saat itu juga korban melihat bahwa pelaku merusak sepeda motor miliknya. Akibat perbuatan pelaku, korban mengalami luka-luka karena tebasan benda tajam. Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke polisi.

“Anggota unit Reskrim Polsek Jaten bersama tim Resmob Karanganyar pada Senin [29/5/2023] melakukan serangkaian penyelidikan dan berhasil mendapatkan informasi keberadaan diduga pelaku atas nama Gorky,” katanya.

Pelaku Gorky lantas ditangkap di rumahnya. Dari penangkapan ini dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya. Terungkap lah identitas tiga pelaku lain dan ditangkap. Para remaja itu dijerat Pasal 170 KUHP tentang tindak pidana kekerasan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya