SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Baru memasuki minggu ketiga di awal 2012, Pemerintah Pusat telah melayangkan surat edaran yang berisi ralat pelaksanaan ujian akhir nasional (UAN).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji mengatakan berdasarkan surat edaran nomor 0001/BSNP/SDAR/I/2012 pada 12 Januari 2012, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memberikan ralat mengenai POS UAN.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Adapun, ralat pertama ditujukan siswa SMK karena ujian teori yang semula dijadwalkan 19 Maret 2012 akan diajukan menjadi 22 Maret 2012.

Sementara ralat kedua dan ketiga dilayangkan kepada siswa SD. Yakni mengenai pelaksanaan UAN yang seharusnya 10-12 Mei 2012 menjadi 7-9 Mei 2012 serta pengumuman kelulusan SD dan MI yang semula dilaksanakan pada 20 Juni 2012 maju menjadi 16 Juni 2012.

Ralat terakhir diperuntukan bagi siswa tuna netra untuk diperkenankan membawa alat bantu khusus ke ruang ujian.
“Tahun lalu, ada lima kali ralat UAN. Isinya variatif, ada yang empat poin ada yang satu poin,” terang Aji saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/1).

Menurut dia deretan ralat UAN ini masih akan ada dalam waktu dekat. Pasalnya, penjelasan teknis mengenai perpanjangan waktu UAN untuk pendidikan inklusi belum diberikan.

Guna memberikan sosialisasi mengenai perubahan ini, ia menuturkan tidak akan mengadakan sosialisasi kembali. Hanya, Disdikpora DIY akan mengirimkan edaran tersebut ke pihak-pihak yang berkaitan.

Penjelasan lain mengenai waktu penerimaan soal UAN, disebutnya belum diterima hingga kemarin. Namun, Aji menilai hal ini tidak akan menjadi persoalan. Asalkan, soal tersebut minimal harus diterima H-2 oleh Pokja dengan jumlah yang cocok.

Sedangkan persoalan teknis siapa yang akan menggandakan soal untuk siswa tunanetra dinyatakannya juga belum diterima.

Hanya, Baskara berharap setiap ralat dan penjelasan teknis dapat segera diputuskan dan diedarkan agar UAN 2012 dapat sepenuhnya berjalan kondusif.

PERUBAHAN UAN 2012

1.    Ujian teori SMK dari semula 19 Maret diubah menjadi 22 Maret 2012.
2.    UAN SD dari semula 10-12 Mei menjadi 7-9 Mei
3.    Kelulusan SD dan MI yang semula 20 Juni menjadi 16 Juni.

Sumber: Disdikpora DIY

(Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya